-->

29 August 2012

Cara Bersihkan Karet Fokus & Zoom Lensa

Membersihkan Jamur / Putih Pada Karet Lensa


Dahulu kalau ketika diajak jalan-jalan, lensa Canon EF 16-35mm saya (sudah dijual) sempat terkena tetesan air hujan, akhirnya bercak-bercak putih. Awal-awal tidak terlalu mengganggu, tapi lama-lama semakin banyak dan membuat jengah lihatnya

Berikut contoh lensa yang kena bercak putih tersebut, ada yang bilang ini karena mineral pada tangan yang nempel karena keringat, ada yang bilang residu kalau kena air, entah yang mana yang benar.





Hampir semua lensa menggunakan rubber grip untuk ring focus dan zoom, pengecualian yang saya tahu pada lensa Carl Zeiss ZE yang menggunakan ring focus metal.

Solusinya ada yang sekedar pake cotton bud / Q tip dan air, lalu dikeringkan dengan micro fiber cloth. Saya sendiri sih kurang sreg dengan cara itu, khawatir karetnya bersih sebentar lalu bercaknya tambah meluas.
Setelah baca-baca kiri kanan, akhirnya menemukan solusi yang lebih aman, menggunakan cairan pelindung dan pembersih vinyl dan karet,  yang biasanya digunakan untuk interior mobil. Yang saya coba saat itu adalah merk ArmorAll


Cara pakainya ialah cairan disemprotkan pada kain micro fiber, seperti yang di belakang botolnya. Setelahnya disapukan ke lensa, mudah dan cepat. Hasilnya langsung terlihat, selain saya pakai pada rubber ring juga saya sapukan di ujung pertemuan lensa Sigma 15mm saya dengan hood dan lens cap yang biasanya sering gesekan, hasilnya OK.

Bercak-bercak di rubber

Setelah dibersihkan



4 comments:

  1. bagus ni gan :)
    mampir ya :)
    cius-enelan.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. karet lensaku juga berjamur putih, coba dulu ,thanks

    ReplyDelete

whos.amung.us :