Starbucks - Surabaya

Starbucks

Penggemar kopi tentu tahu gerai kopi paling populer sejagat ini. Kali ini pada bulan Ramadhan starbucsk menghadirkan promo buy 2 get 2 untuk frappucino pk 17.00 - 20.00.
Frappucino sendiri adalah nama pilihan minuman ice blended yang disediakan Starbucks, ada yang berbasis kopi atau non kopi.

Venti adalah ukuran gelas terbesar yang tersedia di Starbucks, saya lebih suka memesan ukuran venti untuk frappucino karena beda harganya sedikit dengan ukuran yang lebih kecil.
Lain halnya untuk minuman kopi nya, terutama yang panas, saya tidak terlalu suka memesan venti karena jumlah epsresso shots yang diberikan sama dengan yang ukuran medium / grande. Jadi kalau memang ingin kopi dalam jumlah venti, biasanya saya menambah satu shots espresso supaya rasa kopinya masih 'nendang'

  • Short 8 fl oz (240 mL) smaller of the two original sizes
  • Tall 12 fl oz (350 mL) larger of the two original sizes
  • Grande 16 fl oz (470 mL) Italian/Spanish/Portuguese/French for large
  • Venti 20 fl oz (590 mL) Italian for twenty
  • Trenta 31 fl oz (920 mL) Italian for thirty
sumber : http://www.quora.com/


 Espresso shots sendiri adalah hasil ekstraksi biji kopi dari mesin espresso. Biasanya satu kali ekstraksi menghasilkan 2 shots espresso, dan salah satu ciri espresso yang enak  adalah keberadaan crema alias foam yang terbentuk di lapisan atasnya.

Espresso

Espresso is a concentrated beverage brewed by forcing a small amount of nearly boiling water under pressure through finely ground coffee beans. Espresso often has a thicker consistency than coffee brewed by other methods, a higher concentration of suspended and dissolved solids, and crema (foam). As a result of the pressurized brewing process the flavours and chemicals in a typical cup of coffee are very concentrated. Espresso is the base for other drinks, such as a latte, cappuccino, macchiato, mocha, or americano. Espresso has more caffeine per unit volume than most beverages, but the usual serving size is smaller—a 30 mL (1 US fluid ounce) shot of espresso has 40 to 75 mg of caffeine, which is less than half the caffeine of a standard 240 mL (8 US fluid ounces) cup of drip-brewed coffee  (Wikipedia)

Berikut beberapa pilihan frappucino yang sempat saya cicipi dan foto, favorit saya sendiri biasanya yang green tea, dan terdapat varian baru yaitu Red Bean Green Tea Frappucino.
Strawberry Frappucino

Venti Dark Mocha Frappucino Rp 51.000 (coffee based)

Venti Red Bean Green Tea Frappucino (baru) Rp 54.000


Venti Caramel Blended Frappucino Rp 45.000 (coffee based)

Tumbler

Untuk yang sering ke Starbucks, ada dijual tumbler nya. Kualitasnya lumayan, walau kadang bisa bocor kalau ditaruhnya miring. Setiap tanggal 22 ada discount 50% untuk semua minuman jika memakai tumbler ini, selain itu mendapat discount Rp 3.000 setiap pembelian minuman dengan membawa tumbler.

 Frappucino dalam Tumbler

Coffee Bean

Yang mau saya ulas berikutnya bukan Coffee Bean & Tea Leaves, gerai pesaing Starbucks, tapi biji kopi yang dijual di starbucks :D
Ada 3 jenis yang pernah saya coba, Iced Coffee, Verona dan Jamaican Blue Mountain
Yang agak kurang saya rekomen adalah Iced Coffee, karena diperuntukkan untuk membuat minuman dingin, aromanya dan oilnya agak minim, cuman terasa body-nya yang kental, kelihatannya campuran robustanya cukup banyak.
Jamaican Blue Mountain yang paling saya rekomen, aroma mantap dan body tidak terlalu berat.
Verona juga termasuk pilihan yang baik, ada hint rasa caramel dan coklat dalam ekstraksinya, body kental, mirip campuran biji kolasi toraja dan sumatra.


Iced Coffee (kanan warna biru), not so good

This is Verona

Taste             : 7/ 10

Atmosphere  : 8 / 10 
Service         : 7  / 10 
Value            : 7 / 10


Comments