-->

21 April 2013

Panduan beli Sim Card perdana & Blackberry service untuk wisata Jepang



Asyik BB an di Vietnam


Berhubung saya pernah ada pengalaman habis setengah hari di Vietnam menemani teman untuk mencari SIM Card yang bisa melayani Blackberry Service, kali ini sebelum wisata ke Jepang saya sempatkan dulu mencari tahu tentang layanan BIS dan Sim Card HP di Jepang untuk turis.
Berbeda dengan kebanyakan negara lain, di Jepang amat sulit untuk bisa mendapat sim card konvensional, kalau kita pakai hanya untuk durasi wisata, yang kurang dari 1 bulan, kebanyakan penyedia layanan akan menolak menjual kartu Perdananya. Lebih baik lupakan untuk mendapat sim card regular, karena prosesnya berbelit dan memang tidak diperuntukkan bagi turis.


Turis Hanya boleh Internetan


Walaupun tidak bisa menggunakan cara konvensional, ada cara unik khas Jepang untuk memenuhi kebutuhan koneksi turis, dengan menyewa Mobile Wifi Router atau prepaid data Sim Card, keduanya untuk internet saja (tidak bisa untuk telepon / sms)

Ini website dua providernya : 




Portable Wifi Router (japan-wireless)



Masalah berikutnya di pemesanan yang agak unik, kita tidak bisa langsung membeli di counter penjual Sim Card seperti di Indonesia, tapi harus pesan beberapa hari sebelum kedatangan ke Jepang.



Di kedua website itu, stelah memilih layanan dan atau jenis kartu yang diinginkan, akan diminta untuk mengisi data pribadi dan metode pembayarannya menggunakan kartu kredit. 

Setelahnya, perlu menentukan di mana pengiriman kartu dilakukan, bisa di alamat hotel, kantor pos maupun bandara.

Untuk opsi pengiriman di bandara, di B-mobile ada biaya tambahan 210 yen

Sedangkan Japan wireless mengenakan tarif 750 yen untuk semua pengiriman.



Cara mendapat layanan Blackberry di Jepang

Kedua opsi di atas tersebut hanya untuk layanan data internet, jadi untuk layanan BB service, caranya cukup mudah, teruskan saja langganan blackberry reguler anda di provider indonesia seperti Telkomsel, XL, Axis dkk.

Kalau ini tidak dilakukan, akan sulit mendapatkan layanan BB service di Jepang, karena providernya hanya satu, NTT-Docomo, dan selain mahal, prosesnya tidak kalah berbelit dibandingkan pembelian Sim Card konvensional.
Secara umum, di negara lainpun, lebih baik untuk mendapatkan layanan BIS di provider Indonesia, karena pengalaman terdahulu di Vietnam, proses untuk registrasi BB service tersebut cukup menyita waktu dan tenaga, berhubung layanan BB di negara lain tidak sepopuler di Indonesia.

Untuk periode kepergian anda, sebaiknya ambil layanan basic saja di provider Indonesia, berhubung yang kita butuhkan sebetulnya berlangganan blackberry servicenya sendiri, bukan layanan data internetnya.
Nah dengan BB anda sudah terdaftar untuk mendapat layanan BIS (Blackberry internet service) di Indonesia, untuk pemakaian di luar negeri hanya cukup mendapat data internet saja (via Wifi router tadi misalnya), maka akan bisa BB an seperti biasa.

1 comment:

  1. Kenikura Tour ada jual juga, docomo sim card, harganya ga sampe 400 ribu. sudah saya coba dan memang bisa dipakai di jepang, kecuali kalau daerah pegunungan memang agak sulit sinyalnya.

    ReplyDelete

whos.amung.us :