-->

11 September 2013

Swike Gris - Ruko Mega Galaxy

Swike - Purwodadi City's Frog Leg Dish

Swike Gris - Surabaya, Ruko Mega Galaxy


Swike alias hidangan kodok adalah salah satu jenis makanan yang cukup populer di Surabaya.
Hidangan Swike di sini cukup sederhana tapi enak, ada dua pilihan cara masak, swike goreng tepung, dan swike kuah.
Swike kuahnya sendiri biasanya menggunakan kuah dengan tauco, dibubuhi potongan bawang putih dan jeruk nipis yang disajikan terpisah, jadi bisa diatur sendiri tingkat keasaman yang diinginkan.


Swike is what people here called frog meats, cooked with chinese cuisine style. Usually there's two popular choice, either made as soup, or batter fried.
Batter fried is quite self explanatory, it's just like chicken drum stick but made with frog leg.
The soup frog is made with "tauco" which is a sauce made with fermented soy bean, along with sliced garlic. They usually also provides slices of lime, where you can juice it to add sourness to suit your own taste.




Swike Gris - Surabaya, Ruko Mega Galaxy
Berikut definisi Swike dari Wikipedia.co.id :

Swike atau Swikee adalah Masakan Tionghoa Indonesia yang terbuat dari paha kodok. Hidangan ini dapat ditemukan dalam bentuk sup, digoreng kering, atau ditumis. Aslinya hidangan ini berasal dari pengaruh masakan Tionghoa yang masuk ke Indonesia. Istilah "swikee" berasal dari dialek Hokkian (, Pe̍h-ōe-jī: súi-ke) sui (air) dan ke (ayam), yang merupakan slang atau penghalusan untuk menyebut kodok sebagai "ayam air". Makanan ini biasanya dikaitkan dengan daerah Purwodadi.[1] Bahan utama hidangan ini adalah kaki kodok (umumnya dari "kodok hijau" atau "kodok ijo" (Jw.)) dengan bumbu bawang putih, jahe, dan tauco, garam, dan lada. Dihidangkan dengan taburan bawang putih goreng dan daun seledri di atasnya, swike biasanya disajikan dengan nasi putih.

Ada yang berpendapat bahwa rasa dan tekstur swike merupakan paduan antara ayam dan ikan. Umumnya hanya bagian paha kodok yang dijadikan swike, akan tetapi bagian kulitnya dapat dikeringkan dan digoreng menjadi kripik kulit kodok.

Indonesia adalah pengekspor kaki kodok terbesar di dunia, dengan mengekspor lebih dari lima ribu ton daging paha kodok tiap tahunnya, kebanyakan untuk memenuhi permintaan dari Perancis, Belgia, dan Luksemburg. [2] Di masa lalu kodok diperoleh dengan memburunya dari alam, seperti menangkapnya di sawah, dan kodok mudah ditemukan terutama saat musim hujan. Kini terdapat beberapa usaha peternakan kodok untuk diekspor memenuhi permintaan pasar luar negeri, terutama Perancis.


One interesting facts I found out while searching from the Wikipedia description about this dish, is that Indonesia is one of the prominent exporter of frog thigh, usually exporter to French, Belgium and Luxembourg. In the past it's usually hunted from the wild or rice field.


Swike Gris - Swike Goreng



Map / Peta :


View Larger Map

Swike Gris - Ruko Mega Galaxy Surabaya


No comments:

Post a Comment

whos.amung.us :