Pasar Pabean Surabaya

Surabaya Fish Market

Pasar Pabean Surabaya
Pasar Pabean adalah salah satu pasar tertua di Surabaya. Dari apa yang saya baca, ada yang menulis pasar ini pertama kali bergeliat pada tahun 1899, dan catatan lain mencatat tahun kelahiran termudanya pada tahun 1928.


Pabean wet market is one of the oldest market in Surabaya. From what I've read, this place could be opened for business as early as 1899, while other account put 1928 as the year of it's inception.




Pasar Pabean Surabaya
Tempat ini terkenal sebagai pusat penjualan ikan, yang biasanya aktif di siang menjelang sore.
Kalau ke sini pagi, tempatnya masih lengang, tidak lengkap pilihan ikannya dan biasanya tidak sesegar kalau kiriman baru datang di sore hari.

This place is a center for fresh seafood, it's usually packed during  the afternoon. If you're here too early, you'd a market lacking in produce, if there's one, usually it isn't as fresh as the newly shipped seafood which are delivered at noon.



Pasar Pabean Surabaya
Harga di pasar ini tentunya lebih murah dibandingkan supermarket, bahkan dengan sebagian besar pasar basah lain, karena memang ini sentranya penjualan ikan. Namun perlu kejelian memilih di sini, kadang barang yang dijual tidak terlalu segar walau harganya menggoda.

Being a wet market, price here is much lower than what you'd find in supermarket around your neighborhood. It's even considerably cheaper in comparison to other market, being a central market for seafood. Be forewarned though, not all produce are in fresh and good condition, you need to able to tell the difference between good seafood and the one going to rot soon.



Pasar Pabean Surabaya

Pasar Pabean Surabaya

Pasar Pabean Surabaya

Pasar di luar Pasar

Penjual Kerang - Pasar Pabean
Selain di bagian dalamnya, ada banyak penjaja dan toko lain di luar dan sekeliling pasar pabean. Beberapa dari antaranya bisa dilihat di foto-foto ini, penjual kerang, udang dan ikan. Yang belum saya foto tapi sebetulnya cukup banyak, adalah toko penjual bibit minyak wangi.
Jadi baunya di luar pasar ini kadang kombinasi amis-amis wangi, rawan bikin mabok :p


Apart from the central market on the building as pictured way above, there's also other sellers around the market area. Some of them sells the same things, clams, seafood, fish. Other prominent store that's not photographed is a perfume seller. So the smell here could be overwhelming at times.



Penjual Ikan - Sekeliling Pasar Pabean

Sop Buntut Pabean

Sop Buntut Pabean & Penjaja Bakso
Di tempat ini ada satu tempat makan yang kelihatannya cukup populer, warung Sop Buntut Pabean. Pemilik warung ini entah ada kerjasama dengan penjaja makanan kaki lima, atau memang cukup baik untuk menyediakan halaman depannya bagi penjual bakso tersebut.

There's one eatery that seems quite popular, selling Pabean's Oxtail Soup.
I'm not sure if there's some form of business partnership between the two, of the eatery owner is so nice that they let this Bakso vendor open shops in front of his own.


Chinese Food, Condiments & Dried Ingredients


UD Surya - Pasar Pabean

Berjalan 5 menit dari pasar utamanya, kita bisa melihat ada pasar lain yang berdekatan dengan pasar ikan pabean. Di sini selain pasar pada umumnya, menjual daging, sayur dan bumbu, ada pula toko-toko kelontong yang sepertinya spesialis bumbu masakan cina dan perlengkapannya.


A short five minute walk from the main fish market and you'd find another market. This one sells general wet market goods like meat and vegetables, along with some dried goods, condiments, which seems suitable for a Chinese restaurants.


UD Surya - Pasar Pabean


Toko Kelontong Kuno - Pasar Pabean
Toko Kelontong Kuno - Pasar Pabean

Pasar Basah - Pasar Pabean
Ini pasar basah yang saya bahas tadi, saya kurang tahu nama pastinya, tapi barang yang dijajakan di sini cukup umum, yang unik saya lihat ada beberapa penjual binatang hidup, salah satunya bebek di foto bawah ini.

This is the wet market I mention earlier, which sadly I'm not sure what it's called, usually just under the same name Pasar Pabean cmiiw. This place is quite generic, with one expection, the live stocks such as this poor ducks bellow.


Kandang Bebek - Pasar Pabean

Meong Ngantuk - Pasar Pabean
Jangan khawatir, kucing satu ini tidak termasuk yang dijajakan di pasar. Entah peliharaan orang pasar, atau kucing jalanan. Yang pasti kucing ini cukup ramah untuk mau diajak foto close up pakai lensa relatif wide (Sigma 35mm)

Don't worry we don't usually eat cats here, this friendly feline was either a stray lounging around the market or someone's pet. This guy was pretty friendly, willing to pose for a close up using wide lens (35mm Sigma)


Meong Ngantuk - Pasar Pabean

Pasar Pabean

Jln Songoyudan, Surabaya

Comments