Aquaria KLCC

Aquaria Kuala Lumpur

Aquaria Kuala Lumpur KLCC 

Biasanya kalau ke Suria KLCC, biasanya turis paling suka foto di twin towernya yang tersohor.
Kali ini saya akan mengulas tentang Aquaria, salah satu destinasi wisata yang terdapat di dalam gedung tertinggi di Asia Tenggara ini.

Suria KLCC is usually famous for it's Petronas Twin Towers, tourist would line up and take photo on the iconic skyscrapers.
On this post I'd like to share my experience on Aquaria, an oceanarium located inside this vast mall and the tallest skyscraper in South East Asia.


KL Pass

KL Pass Attractions




Untuk masuk di wahana ini, kita menggunakan kartu KL Pass. Saat ini mereka sedang mengadakan update sistem pembayaran, jadi untuk beli kartunya harus datang langsung ke KL City Gallery dan membayar dengan tunai / kartu kredit.
Penghematannya lumayan, dengan membayar sekitar 330 MYR (ringgit Malaysia) atau Rp 1.000.000,- kita mendapatkan kartu dengan nilai sekitar 500 MYR atau Rp 1.500.000,- yang saldonya bisa digunakan untuk masuk ke berbagai atraksi tanpa membayar lagi, salah satunya Aquaria ini.

To get inside, we used KL Pass, which is a card that can be used to visit some tourist attractions in KL. Right now there's an update to their website, so you can't order it through online means. You'll need to get to KL City Gallery to purchase it, either by cash or credit cards.
The saving are quite nice, we paid about 330 Ringgit for a 500 Ringgit value cards, which we can use to visit tourist attractions around KL without further payment.


Aquaria Kuala Lumpur KLCC - Stingray
Sistem KL Pass ini ada kemiripan dengan OSAKA Day Pass, yang saya sempat ulas sedikit di post ini : http://www.foodgrapher.com/2014/03/osaka-tombori-river-cruise-dotonbori.html
Kualitas KL Pass tidak buruk sebetulnya, tapi masih baru dan banyak petugas yang agak kebingungan saat saya ingin memakainya.

Baik dari segi harga, kualitas wahana, maupun daya tariknya, kalau menurut saya Osaka jauh lebih menarik. Kemungkinan besar Osaka menggunakan kartu ini untuk memberikan turis fasilitas yang baik dan ada juga kemungkinan disubsidi. Untuk 2 day pass kita hanya perlu membayar 3000 yen atau sekitar Rp 350.000, untuk kualitas hiburan yang luar biasa.



KL Pass system is similar to the one I used in japan, OSAKA Day Pass, which I have posted in this link : http://www.foodgrapher.com/2014/03/osaka-tombori-river-cruise-dotonbori.html
The quality is quite stark to be frank, since KL Pass is quite new and some staffs in the tourist attractions need some time to figure out how it works.

Both from price or attractions quality Osaka wins hand down. This is probably due to Osaka's Day Pass being a more mature system, and probably the much richer government would use the pass as a subsidize for the tourist, since the value is simply amazing.


Piranha Feeding



Pertama masuk ke Aquaria, kita bisa melihat akuarium penuh ikan Piranha. Kebetulan kita datang saat jadwal memberi makan, jadi cukup menunggu 5 menit untuk bisa melihat ikan Piranha melahap makanannya dengan ganas.

Just near the entrance, there's a Piranha tank enclosure. We were lucky to arrive near their feeding schedule, so we just need to wait 5 minutes and it's Piranha feeding time.



Aquaria Kuala Lumpur KLCC - Big Vertical Tank
Lokasi Aquaria ini ada di dalam mall, jadi areanya sendiri tidak terlalu besar, terutama kalau dibandingkan dengan oceanarium Singapura dan Hongkong yang lebih terkenal. Walau dari segi ukuran termasuk biasa, tapi koleksinya cukup menarik.

This Aquaria itself is inside in a mall, so it isn't that vast in comparison to other popular oceanarium in Singapore and Hongkong. What they lack in size they make up in it's diversity.


Aquaria Kuala Lumpur KLCC  - Sharks

Sharks Video




Aquaria Kuala Lumpur KLCC - Moray Eel


Funny Stingray


Aquaria Kuala Lumpur KLCC  - Stingray's Smile

Aquaria Kuala Lumpur KLCC - Taking a nap



Aquaria Kuala Lumpur KLCC 

Aquaria Kuala Lumpur KLCC 

Aquaria Kuala Lumpur KLCC 
Salah satu aturan yang ada di oceanarium adalah tidak boleh memakai lampu kilat untuk memfoto, supaya tidak mengganggu binatang yang dalam penangkaran. 

One of the rule here is you can't use flash light for photo taking, so the animal wouldn't be disturbed too much.



Aquaria Kuala Lumpur KLCC 

Aquaria Kuala Lumpur KLCC 

Aquaria Kuala Lumpur KLCC 

Di bagian akhir Aquaria, ada tempat yang tampaknya berhubungan dengan R&D, di foto ini tampak staff /  peneliti yang sepertinnya sedang memberi makan ubur-ubur.

At the end of your trip you'll find what looks like an R&D facilities inside Aquaria, here I photographed what seems to be a feeding process for jelly fishes.


Aquaria Kuala Lumpur KLCC 

Aquaria ini sebetulnya cukup menarik, untuk masuk ke sini dibutuhkan dana 64 MYR atau sekitar Rp 200.000. Untuk harga tersebut, mungkin saya akan sedikit bingung menentukan lebih worth it ke sini atau ke Petronas Tower yang biayanya 85 MYR. Berhubung memakai KL Pass, harga 64 MYR tersebut mendapatkan discount cukup lumayan, jadi untuk pemakai KL Pass, Aquaria ini menurut saya salah satu tujuan wajib.
Petronas Tower sayangnya tidak termasuk dalam atraksi yang ditawarkan dalam KL Pass.
Aquaria for me is qute interesting. It cost 64 MYR to come here, which equates to about $16 or Rp 200.000. With that price I'll be having a hard time deciding to go here or Petronas Tower, which ticket costs 85 MYR. Since I'm using KL Pass, it becomes no brainer, Aquaria is one of the must visit attraction if you hold KL Pass.
Unfortunately Petronas Tower isn't a part of KL Pass attraction, so you'd need to fork out additional 85 MYR if you want to visit them.


Nasi Briyani - Food Court near Aquaria (MYR 10)

Aquaria KLCC

Convention Centre Complex,, Jalan Pinang, 50088 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia
Hours: 10AM–8PM
Phone: +60 3-2333 1888

Hotel Near KLCC : Hotels Booking

Comments