XO Cuisine Lunch Buffet - Grand City Surabaya

All You Can Eat - Chinese Cuisine

XO Cuisine Grand City

Di Surabaya banyak penggemar all you can eat. Ada AYCE Jepang, seperti Hanamasa & Cocari, masakan Italia di Pronto. Sebelum ada trio ini, untuk menikmati sajian all you can eat, orang Surabaya perlu mengunjungi hotel bintan 4-5 seperti Jamoo dan Kizahashi.
Semua memiliki penggemar masing-masingnya, namun tiga pilihan di atas itu harganya di kisaran Rp 100.000 ke atas. Untuk all you can eat dengan harga relatif lebih ekonomis, alternatifnya ada Dim Sum, yang dipopulerkan oleh Fu Yuan dan juga disediakan XO Chinese Cuisine.
Dulu ada juga resto Samudra yang menyediakan AYCE Yamcha / Dim Sum, tapi sekarang sudah tutup dan di lokasi sama berdiri Ramen Nozomi. Ketiganya menyediakan hidangan ini dengan harga di kisaran Rp 50.000 per orang.


Surabaya is mecca for all you can eat lovers, the well known juggernaut is Hanamasa & Cocari, two of the first pioneer of binge eating, along with their Italian counterpart, Pronto . Before this trio, the only option for all you can eat is to go to a 4-5 star hotel such as Jamoo and Kizahashi.
This AYCE (All You Can Eat) options are priced starting around Rp 100.000, and beverages are usually included. For those seeking for a cheaper alternative, there are those Dim Sum AYCE options which are priced around Rp 50.000. Two of the prominent proprietors are XO and  Fu Yuan.




XO Cuisine - Buffet Makan Siang

Sisa Kubis - Empty Trays


Salah satu makanan yang paling umum ditemui di Surabaya, Chinese Food, malah jarang yang dibuat versi AYCE-nya. Pernah beberapa kali sih buka resto sejenis, tapi belum ada yang bertahan lama. Setelah lama tidak ada sajian serupa, kali ini ada XO Cuisine yang menyediakan Chinese Cuisine makan sakwareke :)
Kamis saat libur Pilgub, saya sempatkan ke sini dengan beberap teman yang relatif imut (bukan penggemar AYCE), saat ke sini terlihat suasananya agak sedikit kurang nyaman karena sangat ramai, dan banyak baki makanan yang sudah kosong (saat itu pk 15.00), jadinya kita memutuskan untuk skip XO dan ke resto lainnya.


Chinese cuisine probably is the easiest restaurant you'd find in Surabaya, but there's seldom an AYCE restaurants that provide Chinese food. Back in the days there were some restaurants offering AYCE Chinese Cuisine, but they didn't last long.
Now XO Cuisine serves up Lunch Buffet for weekdays, since there's quite some time since the last Chinese AYCE, I'm quite intrigued to try it. The first opportunity I had was during the East Java governor election on Thursday. Too bad since it was a holiday, the place was packed. When me and my friends arrive there, the place was a bit uncomfortable and the buffet trays are empty. Hence we decided to skip it and choose another restaurant.



XO Cuisine - Grand City Surabaya


Untung ada beberapa teman yang sedang sama2 dalam masa pertumbuhan (ke sampingT_T ).
Esok harinya, Jumat siang, saya bersama beberapa teman mencoba berkunjung ke sini lagi untuk makan siang, dan ternyata tidak seramai hari Kamis, suasanya relatif lebih nyaman dan tray makanan cepat terisi saat kosong, hanya buah yang agak jarang tersedia.


Lucky for me, I have some foodie friends that's equally enthusiastic
The day after, at Friday, we tried our luck and visit this place once again for lunch buffet, turns out it's not as hectic as yesterday. It;s still packed, but reasonably so, much more comfortable compared with yesterday. And the empty trays are promptly filled, with exception of the fresh fruit.


Bubur Ayam / Chicken Porridge & Tom Yam Kung

XO Cuisine - Lunch Buffet

XO Cuisine - Noodles and Fish

XO Cuisine - Lunch Buffet, Fried Rice / Nasi Goreng

XO Cuisine - Chicken Sesame / Ayam Wijen & Kacang Panjang / Chinese Long Bean

XO Cuisine - Lunch Buffet, Sapo Tahu & Ikan / Fish

XO Cuisine - Lunch Buffet, Cakwe Mayones & Tahu

XO Cuisine - Lunch Buffet



Rasa makanan di sini cukup enak, lezat dan tidak membosankan. Varian menunya kelihatannya juga berganti dari hari ke hari, sebagian menu seperti gubis dan bakwan yang sempat saya lihat di hari sebelumnya tidak saya jumpai lagi hari ini.


The food tastes quite nice here, it's tasty and not boring, with decent varieties. Seems like they change the menu regularly, I don't see the same foods that I saw yesterday.


XO Cuisine - Lunch Buffet

XO Cuisine - Lunch Buffet

Fresh Fruit Slice & Ice Tea



Minuman di sini tidak termasuk, dan es teh harganya mulai Rp 7.000 (sebelum pajak)Kita cukup puas makan siang di sini, kalaupun ada sedikit keluhan, adalah pada MSG / penyedap rasa yang digunakan. Tapi harus diingat di Surabaya memang kebanyakan resto Cina menggunakan MSG, dan pelanggan Surabaya juga senang dengan rasa masakan dengan penyedap rasa, jadi wajar-wajar saja kalau banyak resto Cina yang masih memakainya.
Di sini kita berempat rata-rata memesan 3-4 gelas teh selama makan siang. Tapi ada juga pelanggan yang lumayan sakti, satu meja bertiga membagi satu es teh, mungkin ingin ngirit :D


Beverages here are not included, one ice tea starts from Rp 7.000 (before tax) 
We're quite satisfied with the place, if there's any small complain about the place, it's the MSG used. Though no surprise since almost all Chinese restaurants uses MSG, and Surabaya people is quite fond of this taste.
Along with my friends, we ordered 3-4 glass of ice tea during our lunch. There's also one other table that shares a glass of tea for three people, which is quite a feat.




XO Cuisine - Lunch Buffet



Map :


View Larger Map


Comments