Caribbean Restaurant [Surabaya]

The Lobster Specialist

Caribbean Restaurant - Grilled Lobster

Setelah beberapa kali mencoba hidangan-hidangan seafood yang 'serupa tapi tak sama' di daerah Manyar Kertoarjo, malam ini saya  mendapat undangan spesial dari Caribbean Restaurant untuk mencoba hidangan seafood yang cukup berbeda dengan kebanyakan resto seafood di Surabaya :)
Caribbean restaurant menyajikan hidangan yang kebanyakan bergaya western dan Perancis, serta beberapa pilihan menu fusion.


After a few consecutive times trying out the plain old seafood in Manyar Kertoarjo area, tonight I got a chance to taste a seafood restaurant that's a cut from different cloth. Caribbean Restaurant, an outdoorsy restaurant with Caribbean and nautical theme, serving up western, french and fusion cuisine.





Begitu masuk disambut dengan banyak ornamen ala kapal di karibia yang lucu, ada drum minyak, pelampung dan tali tambang yang khas nautical. Tempat duduknya pun nyaman dan rapi, tidak seperti resto outdoor serupa yang biasanya agak acak kadut kualitas meja dan kursinya. Kudos untuk desainernya yang bisa menghadirkan nuansa yang menarik ini.


At first sight of the restaurant, you can immediately feel the nautical theme, there's a bit of whimsical elements but it's still quite refined. Usually in this kind of outdoorsy themed restaurant, the table and seating quality are way below my expectation, but here they put quite an attention to detail and I love it.






Saya sempat mengira bakal kepanasan di sini, seperti pengalaman ketika makan di Naked Crab yang ada di sebelahnya, ternyata jauh dari bayangan saya, di sini cukup sejuk karena desainnya lebih terbuka. Jadi tempat ini cocok banget untuk dates atau perayaan anniversary, bisa menikmati suasana outdoor tanpa harus merasa seperti sauna.


At first I thought it's gonna be hot and humid dining experience, like the one I had two months ago in Naked Crab next door. Turns out it's a whole different experience, this restaurant have lots of opening, so we get the gentle breeze of Surabaya night air. That makes this place suitable for dates and special occasions where you'd like to wear something nice without feeling like you're dating on a Swedish sauna.




Caribbean Restaurant - Grilled Prawn with Sweet & Sour Chili Sauce (Rp 75.000)
 Hidangan pertama yang muncul adalah udang bakar dengan saus asam manis. Walaupun di daftar menunya disebut sweet and sour chilli sauce, tidak terasa pedas sama sekali, hanya sedikit spicy. Jadi cocok untuk yang tidak suka pedas. Rasanya pas seimbang antara tangy dan sweet nya, jadi hidangannya tidak semanis olahan serupa di resto cina. Sebetulnya disantap begitu saja sudah maknyoes banget, tapi kalau ingin lebih bright tasting lagi bisa ditambahi perasan jeruk lemon yang disediakan.

Selain udangnya cukup enak, calamari ring yang menjadi side dish juga tidak kalah lezat. Beda dengan onion ring di kebanyakan resto yang relatif hambar, lalu diberi cocolan saus mayo, di sini calamarinya sendiri sudah berbumbu, rasanya enak sekali, mungkin kalau disuruh memilih, saya malah sedikit lebih suka calamarinya dibanding udangnya, walau keduanya juga sama-sama lezat :)



The first dish we tried were the Grilled Prawn, we choose the sweet and sour chili sauce.
Though mentioning chili, the dish itself isn't hot at all. It's just mildly spiced, with bright tangy sauce that seems to be marinated long enough, making the taste evenly spread and succulent.
There's a sliced lemon for those who like to add a bit more zest, but for me the dish itself was quite perfectly seasoned as is.

Another surprise for me is the Calamari ring, it's just a side dish and I first thought of it as onion ring. Turns out this sides really shines, it tastes savory and a bit spicy, I love them. If I had to choose I'd even say I like the Calamari more, though the shrimp are also delicious.




Caribbean Restaurant - Grilled Prawn with Sweet & Sour Chili Sauce (Rp 75.000)
Hidangan kedua dan bintang malam ini adalah Lobster Thermidor. Salah satu hidangan yang cukup menarik, cocok untuk yang suka dengan paduan tekstur dan rasa keju yang lembut berpadu dengan daging lobster. Nah sebelum lebih lanjut membahasnya, saya perlu menjelaskan sedikit kalau selera saya untuk seafood tidak terlalu suka yang plain, jadi hidangan ini cocok dengan selera saya. Kalau yang seleranya berbeda, bisa mencoba herb & butter sauce yang lebih mempertahankan aroma asli lobsternya.
Tingkat kematangan lobsternya di sini pas, jadi daging lobsternya masih lembut dan juicy.


The second dish is the main attraction, Grilled Lobster Thermidor. I love the taste of the creamy Thermidor sauce mixed with the lobster.
For those of you who don't really like creamy cheese flavor, the second most popular dish is the herb and butter sauce, which usually retain much of the original lobster flavor.
The lobster meat was juicy and soft, which comes from perfect cooking timing. I usually find lobsters in other restaurants a tad overcooked.



Caribbean Restaurant - Grilled Lobster Thermidor 300 gram (Rp 240.000)


Lobster Thermidor adalah hidangan Perancis, biasanya berupa daging lobster dengan saus krim yang lembut, dicampur dengan kuning telur dan brandy lalu diisikan ke dalam cangkang lobsternya.

Cara alternatif mengolahnya adalah dengan melelehkan keju di atas lobster yang sudah dibelah untuk menunjukkan bagian dagingnya, dengan diberi campuran bumbu mustard. Yang kali ini saya cicipi adalah lobster thermidor dengan cara masak yang kedua


Lobster Thermidor is a French dish consisting of a creamy mixture of cooked lobster meat, egg yolks, and brandy (often cognac), stuffed into a lobster shell. It can also be served with an oven-browned cheese crust, typically Gruyère. The sauce must contain mustard (typically powdered mustard).
Lobster Thermidor was created in 1894 by Marie's, a Parisian restaurant near the theatre Comédie Française, to honour the opening of the play Thermidor by Victorien Sardou. The play took its name from a summer month in the French Republican Calendar, during which the Thermidorian Reaction occurred, overthrowing Robespierre and ending the Reign of Terror.[1] Due to expensive and extensive preparation involved, Lobster Thermidor is usually considered a recipe primarily for special occasion (Wikipedia.com)



Caribbean Restaurant - Tropical Beach (Rp 25.000)

Caribbean Restaurant - Caribbean Sunrise (Rp 25.000)

Resto satu ini cukup recomended untuk penyuka seafood, terutama lobster. Harganya termasuk terjangkau kalau dibandingkan beberapa restaurant lain yang menyediakan hidangan serupa. Kalaupun ada yang terasa sedikit kurang malam itu, hanya di minumannya yang rasanya ala kadar. Untuk hidangan seafoodnya, top notch.


This is a good place to visit if you're a seafood aficionado, especially if you have weakness for lobster. The price is quite affordable in comparison with similar establishment. And if there anything lacking that night, it would just be the drink which we found a bit bland. The seafood dishes on the other hand, were top notch. 



Caribbean Restaurant - Menu

Caribbean Restaurant Surabaya Menu



Caribbean Restaurant

Spazio Mall Graha Famili, Unit 1, Jl. Lingkar Barat Dalam No.33, Surabaya Barat
Telepon : 082221771111

Jam operasional :  17.00 - 23.00

Comments

  1. Uda coba loobie loobie di jkta ko? Wendesss porsi gede

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loobie loobie ya? Kl ke Jkt saya coba lihat deh. Thanks sarannya ☺

      Delete

Post a Comment