Stasiun Pasar Turi, perjalanan Surabaya ke Cepu

Pasar Turi train station, trip from Surabaya to Cepu


Stasiun Pasar Turi - Surabaya

Kali ini adalah pengalaman pertama saya ke Stasiun Kereta Api selain Gubeng, berhubung perlu ke kota Cepu, akhirnya mencoba stasiun satu ini. Berhubung tempatnya di Pasar Turi, sempat parno sendiri, saya kira bakal tempatnya kumuh dan rawan.
Ternyata begitu sampai, kesannya 180 derajad dari bayangan semula, malah lebih bagus daripada stasiun Gubeng.

Di stasiun Gubeng tempat tunggunya terbuka dan tanpa AC, walau tetap relatif nyaman untuk ukuran stasiun kereta api, masih kalah dibanding yang Pasar Turi ini. Tempatnya nyaman, bersih, tertutup dan ada AC nya. Keunggulan di Gubeng adalah banyaknya gerai penjual makanan dan cemilan, tapi kebanyakan juga sama jenisnya toko pracangan yang jual barang sejenis pula.


In Surabaya, there are a few strain station around town, the most popular one is in Gubeng, which I frequently used to go to Yogyakarta.
This time around, I had to go to rather small town in East Java province, Cepu. The only train that goes there are stationed at Pasar Turi.
I had low expectation for the station, since it's located in a market area that's a bit rowdy. Once I got here, I was blown away, the station turns out to be better than the one in Gubeng.

In Gubeng train station, the waiting area is outdoor, without any air conditioning. Here you get a clean, comfortable waiting room, which is also air conditioned and well lit. The only part where Gubeng is better is the number of store in it, though it usually the same tipe and sells the same stuff like mineral water and snacks.




Stasiun Kereta Api - Pasar Turi, Area Tunggu

Pasar Turi train station - Surabaya

Dunkin Donuts stall at Pasar Tur station

Donuts

Kereta Api Rajawali

Rajawalai Train (Surabaya - Cepu)

Kereta Api Rajawali

Kereta Api Rajawali

Kereta yang saya gunakan untuk perjalanan dari Surabaya ke Cepu adalah kereta Rajawali. Kereta satu ini cukup nyaman, lebih nyaman dibanding Turangga, setara dengan Agro Willis, dua kereta langganan saya ketika ke Yogyakarta.

Di setiap kursinya tersedia dua colokan untuk listrik, jadi selama perjalanan tidak perlu takut kehabisan battery Handphone / Blackberry.

The Train I used was Rajawali, for the trip from Surabaya to Cepu. The train is quite nice, it's better than Turangga train, and on par with the Agro Willis, two trains that I frequently used en route to Yogyakarta.

In each chair they provide a power outlet, which is nice to have, specially during long trip. So you don't have to worry about loosing juice on your tablet or phones.

Cepu Station

Stasiun Cepu

Nah begitu sampai Cepu, tinggal cari hotel yang nyaman untuk menginap, yang paling mudah dengan browsing melalui situs www.RajaKamar.com :)
Promonya menarik, mulai dari discount dan hotel murah, hingga promo hotel 88rb. Bisa dikunjungi link di bawah untuk menengok promo yang tersedia.







Comments

  1. Kebalikan saya paling sering jaman tahun 1996-2000 paling sering pake st. pasar turi dari Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada romantisme tertentu yang menarik saat naik kereta api, dibandingkan pesawat :D

      Untuk perjalanan (darat) di bawah 7 jam, saya lebih memilih naik kereta api dibandingkan pesawat. Tapi kalau untuk ke Jakarta, jaman sekarang rasanya jauh lebih worth it naik pesawat mengingat harganya amat terjangkau :D

      Delete

Post a Comment