Puang Oca [Surabaya]

Makassar Style Seafood

Puang Oca - Udang Sito  (Rp 112.500)
 Puang Oca yang terletak di Manyar Kertoarjo adalah salah satu dari banyak pilihan restoran di sini, yang mayoritas menyajikan hidangan seafood. Daerah Manyar ini memang sudah cukup lama dikenal sebagai tempat yang menyajikan hidangan laut. Beberapa yang pernah ditampilkan di blog ini adalah  Terminal Seafood dan Resto Pantai
Puang sendiri adalah gelar kehormatan untuk raja yang berasal dari Makassar / Bugis, menandakan tempat ini menyajikan masakan dengan olahan khas Makassar.


Puang Oca is a Seafood Restaurant along Manyar Kertoarjo street. Along this strip there are plenty of seafood restaurant, offering dishes with some interesting variations, albeit not too much of a difference. A few of them that I already posted were  Terminal Seafood and Resto Pantai. 
Puang itself is a salutation for king in Makassar / Bugis ethnicity, signifying they're prowess in Makassar Cuisine.



Live Crab - Puang Oca


Ikan Kerapu - Puang Oca
Salah satu alasan saya termasuk jarang mereview resto di sekitaran jalan Manyar Kertoarjo ini adalah ciri khas mereka, dimana disediakan pilihan ikan, kepiting dan binatang lain dalam keadaan hidup dan segar. Setelah kita memilih, maka dalam waktu singkat akan diolah dan dihidangkan.
Sebetulnya ada juga pilihan-pilihan hidangan yang tidak menggunakan live seafood, tapi bakal repot juga dalam menyeleksi.

The reason why I seldom go to the seafood restaurant around this strip is they all usually serves live seafood, which are freshly butchered as your choice.
I'm a little taken aback by this, hence the reluctance of visiting the places that serves live seafood, though I myself used to be an avid fan of seafood, particularly fish.






Ciri lain selain menyediakan hidangan laut segar / live seafood adalah pilihan sambal yang beraneka ragam dan bebas untuk mengambil / meminta, biasanya tidak dibatasi.

Another trait is that restaurant along this strip usually have plenty of sambal / chilli sauce variations which are both complimentary and usually free to refill.


Cumi Tumis Hitam (Rp 35.000)




Kangkung Cah Tuaco (Rp 18.000)

Puang Oca - Sunu Lumpur (Rp 210.000)
Makan siang di Puang Oca kali ini saya ditemani sahabat bersama istrinya yang sedang hamil besar. Mitosnya kalau nyidam dan tidak segera dituruti, jabang bayi bakal suka berliur / ileran, jadi foto kerapunya saya ambil setelah disantap dahulu oleh sang bumil ^^

On this lunch occasion I was joined by my best friend and his lovely wife who was expecting, so I didn't want to get in the way of  her craving. Hence the photo of half eaten grouper photo.


Puang Oca - Sayur Bunga Pepaya - Rp 25.000



Gogos (Rp 5.000)
Gogos alias Gogoso ini adalah sejenis lemper khas Makassar. Dalam bungkusan dalam pisang, isi gogoso sendiri terdiri dari ketan, beragam bumbu serta abon sapi atau ayam. Ketan dimasak terlebih dahulu dengan cara ditanak, dan setelahnya dibungkus dalam daun pisang dengan isian daging yang kemudian dipanggang untuk menambah aroma.


Gogos or also known as Gogoso is a regional dish well known in Makassar. Similar to the dish Lemper which is popular in Surabaya, it's made with banana leaf wrappings, filled with glutenous rice, assorted spices and shredded chicken or beef. The glutenous rice is cooked first, than wrapped in the banana leaf along with it's fillings. Afterward it's grilled to add delicious smoky flavor.




Puang Oca - Es Palu Butung (Rp 15.000)

Olahan Makassar sebetulnya sesuai dengan selera Surabaya yang suka rasa kuat dan menggunakan rempah-rempah. Rasa masakan dan harganya cukup sesuai kalau menggunakan discount kartu kredit. Walau kalau dari segi rasa semata, ada beberapa tempat yang menurut selera pribadi saya terasa lebih lezat hidangan seafoodnya.

Makassar Cuisine is quite suitable to Surabaya's taste-bud, which take a liking to bright tasting food with plenty of spices. The pricing was on par with other restaurant nearby, whilst the ambiance is quite nice. That being said, there are other seafood joint that were more to my liking in the same area.


Puang Oca



Puang Oca - Outdoor Area


Puang Oca Menu

Menu Puang Oca

Menu Puang Oca

Menu Puang Oca

Menu Puang Oca

Menu Puang Oca

Menu Puang Oca

Menu Puang Oca Surabaya

Menu Puang Oca Surabaya

Menu Puang Oca Surabaya

Maps :




Puang Oca

Jln Manyar Kertoarjo no 45
Telepon : 031 5990095


Comments