-->

11 January 2012

Anti Alias Filter?


Di post saya sebelumnya tentang Fuji X Pro1, dijelaskan bahwa salah satu keunggulannya adalah adanya sensor baru yang tidak memerlukan Anti Alias (AA) filter.

Apakah AA filter ini?

AA filter video camcorder
AA Filter adalah lapisan di depan sensor, yang tujuannya menghilangkan moire pada hasil akhir foto / video.
Tujuannya ialah mereduksi bandwith yang ditangkap sensor sehingga hasil yang didapat lebih baik, bebas moire/ artifact. Namun dalam prosesnya, selain menghilangkan moire, efek blur filter ini juga mengurangi ketajaman hasil foto, atau mengurangi resolusi maksimal yang bisa dihasilkan kamera.



Moire di sini adalah ketidaksempurnaan sensor menghasilkan image karena tumpang tindih signal sampling resolution (pada sensor CCD / CMOS) dengan sinyal dari foto / obyek yang difoto.
Contoh Moire

AA filter memiliki efek positif dan negatif, tergantung dari sudut pandang dan kebutuhan pemakai alat fotografi. Bagi pengguna awam, tentunya lebih membutuhkan keberadaan AA filter, karena tidak semua pengguna kamera mau melakukan post processing dengan software image editing seperti photoshop dan sejenisnya, untuk menghilangkan moire.
Namun untuk sebagian orang, yang mengutamakan resolusi dan ketajaman foto, penggunaan AA filter ini malah menjadi beban dalam usaha untuk mendapatkan hasil foto 'terbaik'.



Jauh sebelum Fuji X-Pro1, kamera digital medium format (digital back) seperti Phase One atau Mamiya, sudah melakukan hal ini, meniadakan AA filter dengan tujuan mendapatkan resolusi maksimal. Ini dilakukan walaupun sensor yang digunakan adalah teknologi bayer. Sensor sama dengan yang ada pada DSLR konvensional, berbeda dengan Trans CMOS yang dipakai Fuji, yang di klaim tidak terpengaruh moire walau tanpa AA filter.

Dahulu pencopotan AA filter ini lebih diutamakan untuk fotografi infra merah, yang biasanya dipakai untuk astrologi atau foto IR.

Nikon D200 dengan / tanpa AA filter (dari http://astrosurf.com/luxorion/photo-ir-uv.htm)
Sekarang mulai ada layanan menghilangkan AA filter untuk tujuan meningkatkan resolusi, disebut Hot Rod atau High Resolution. Hasil dari dicopotnya AA filter ialah hasil foto yang lebih tajam. Berikut contoh foto antara kamera Nikon D300 dengan AA filter dan yang tanpa AA filter

Gambar di atas diambil dari www.Maxmax.com , website penyedia layanan pencopotan AA filter.
Untuk melakukan modifikasi seperti di atas, dibutuhkan dana US $450.

No comments:

Post a Comment

whos.amung.us :