-->

17 July 2015

Pilih mana Fuji vs Sony?

It's All About The Image

Fuji vs Sony (www.snapsort.com)


Setelah lama hiatus nulis tentang gadget, kali ini saya ingin share tentang dua sistem kamera mirrorless yang sedang naik daun, Fuji dan Sony.


Suka dengan hasil foto yang mana?
Biasanya untuk pertanyaan "enaknya beli kamera apa" akan balik ditanya :
- budget berapa
- sukanya obyek foto apa
- butuh fitur apa...
Tapi tahun 2015 ini, dengan Instagram dan Flickr berjibun feed, cukup searching hashtag di insta atau googling dengan query begini, misalnya penasaran dengan hasil Fuji XE1 : "Flickr Fuji Xe1"
Hasilnya salah satu di link ini https://www.flickr.com/groups/fujix-e1/

Atau langsung via Instagram Apps dan search #FujiXE1
Hasil feed instagram juga bisa diakses via browser dan website konvensional seperti ini : http://iconosquare.com/tag/xe1

Luangkan beberapa waktu untuk melihat-lihat hasil foto dari kamera-kamera tersebut, lalu simpulkan lebih cocok dengan brand apa. Sebagian foto di atas bisa langsung dari kamera, atau diedit dulu melalui apps di HP atau software PC, tidak terlalu masalah yang mana, karena keduanya juga mewakili hasil dari brand kamera tersebut.
Pilihan ini tentunya subyektif dan amat tergantung selera, setelah menyimpulkan suka dengan satu brand, bisa melanjutkan ke spesifik kamera mana yang terbaik untuk diri kita.



Vintage Cameras Collection - Wikipedia


Nah tipe kameranya sendiri kan ada cukup banyak, apa yang bikin beda?
Saya tidak akan bahas beda detail spesifikasi kecil seperti beda shutter speed maximal, LCD bisa diputar dsb, hal demikian dibahas banyak sekali di situs lain.
Yang ingin saya bahas bagian yang jarang dibahas saja, beda utama di hasil foto dan warnanya.
Pertama perlu tahu bahwa kamera DSLR / Mirrorless pembagian simplenya dengan menilik mesin utama di kamera, yaitu sensornya.








http://www.gizmag.com/camera-sensor-size-guide/26684/

Ilustrasi perbedaan ukuran fisik sensor kamera
Perbandingan ukuran fisik Full Frame CMOS sensor & APS-C CMOS sensor


Di Fuji sendiri, ukuran sensornya hanya satu, APS C.
Sedangkan di Sony ada dua ukuran, APS C dan Full Frame (atau 35mm).

Dengan ukuran sensor lebih kecil, focal length yang didapat dari body kamera dengan sensor APS-C juga relatif lebih kecil, karenanya ada faktor pengali 1.6x.
Karena itu saat baca deskripsi lensa, kadang tulisan 18-55mm (28-75 on 35mm equivalent), artinya lensa 18-55mm ini kalau dipasangkan di bodynya akan seperti lensa 28-75mm di kamera film 35mm alias full frame.

MFT 4/3" ini adalah ukuran sensor di mirrorless Olympus dan Panasonic. Ukuran sensor ini lebih kecil lagi dibandingkan APS-C.



Beda Ukuran Sensor, Pengaruhnya Apa?

Sensor adalah alat utama untuk merekam citra di kamera, nah kalau analogi mobil, ini mesinnya, dan ukuran sensor representasi dari besar CC nya (1600cc, 2500cc dkk). Megapixel mungkin bisa dianalogikan Horse Power / Daya Kuda, jadi bisa saja CC kecil tapi HP gedhe, alias sensor kecil dengan megapixel raksasa.



Sensor juga bukan satu-satunya penentu hasil foto, ada dua lagi yaitu prosesor gambar, dan lensanya.
Di Sensor sendiri ada beberapa perkembangan teknologi menarik terkait dengan filter sensor. Salah satunya di Fuji dengan penggunaaan X-Trans sensor (untuk filter warna sensor) dan penghilangan Anti Alias Filter (untuk menghilangkan moire, tapi mengurangi ketajaman), bisa dibaca di link ini Anti Alias Filter?



Sensor kamera (berwarna biru di tengah) - taken from www.stuff-review.com


Dahulu, ukuran sensor ini adalah segalanya, sekarang pun masih tetap berpengaruh besar. Tapi ada beberapa yang membuat perbedaan image quality (IQ) antara kamera dengan berbagai ukuran sensor tidak terlalu signifikan lagi.

Pertama, di Indonesia kebanyakan pengguna kamera hobbyst akan mempublish karyanya di blog, instagram atau media sejenis, ukuran gambar di sini biasanya di kisaran 1080p kalau istilah video dan layar tv, atau di bawah 1980 x 1080 pixel.



Instagram - aka 'Lemme show you my lunch' apps


Instagram sendiri di tahun 2015 ini ukuran maksimal image adalah 1080 x 1080 pixel, jauh di bawah resolusi kamera mirrorless yang mulai 16MP alias 4900 x 3300 pixel. 
Mirrorless Full Frame seri A7 sendiri resolusi minimalnya 24MP (A7) dan yang terbesar saat ini 42MP (A7R Mark II).


Kedua, teknologi berkembang cepat, hasil Fuji dan Olympus dengan ukuran sensor lebih kecil bisa berkompetisi dengan DSLR / mirrorless Full Frame, selama ditunjang lensa yang mumpuni.



Shallow DOF - Sony 90mm F2.8

Bokeh


Walau demikian, kalau untuk penghobi kelas berat, tentu akan sangat berarti beda Image Quality, Dynamic Range (kemampuan kamera merekam hasil gelap dan terang dalam satu file), shallow Depth of Field /DOF (kemampuan kamera dan lensa membedakan obyek focus dan tidak focus), supaya bisa mendapat bokeh yang maksimal. 
Jadi tetap saja ada perbedaan yang akan dirasakan.


Full Frame lenses (Canon, Sony & Zeiss lenses)

For The Full Frame Lovers

Kalau sudah mahfum sedikit tentang beda sensor kita kembali ke Fuji vs Sony di atas.
Di Sony ada dua pilihan APS C vs Full Frame, sedangkan Fuji semua ukuran sensornya sama di APS-C.

Pembeda utama di kelas kamera fuji adalah penggunaan X-Trans CMOS, yang bisa menghasilkan warna tone natural khas fuji, sedangkan pembeda lain meliputi feature minor lain seperti kecepatan focus, ketahanan body kamera dan spesifikasi teknis lain.

Untuk yang budgetnya di atas 10jt, dan ingin Full Frame, pilihannya masih harus ke Sony sebagai salah satu penyedia Mirrorless full frame dengan harga yang masuk akal. Pesaingnya? Leica M9, harganya sekitar $8000 alias Rp 90 juta, Body Only.



Leica M9 (Wikipedia)


Ada juga Nikon DF yang bentuknya menyerupai mirrorless, tapi sebetulnya DSLR karena masih menggunakan mirror, dan lensanya menggunakan lensa sama dengan DSLR Nikon lainnya.

Perbandingan nikon DF dan Sony A7r (www.cameraegg.org)

Selain masalah kualitas hasil, ada satu lagi yang perlu dicermati. Mount lensa di Full Frame dan APSC akan berbeda, jadi kalau sudah memakai Sony A5100 dan lensa E-Mount contohnya, perlu untuk membeli lensa lain yang kompatibel dengan A7 (Full Frame) kalau ingin upgrade body ke full frame dengan FE Mount-nya.
Lensa APS C yang lama masih bisa dipakai, tapi dengan pengurangan megapixel alias crop otomatis di body A7 nya.

Sedangkan lensa A7 bisa dipakai di Sony A5100 dan A6000 (APS C)
Jadi kalau harganya tidak jauh berbeda dan fiturnya mirip, lebih baik mengambil lensa FE mount dibandingkan E mount di Sony.

Sony dan Fuji berbeda mounting lensa, jadi tidak bisa dipakai tanpa adapter lensa.




Fuji or Sony Color?

Di sinilah akhirnya yang perlu diperbandingkan antara Fuji vs Sony. Setelah melihat berbagai hasil foto kamera di atas, silakan dipertimbangkan, lebih suka dengan tone Fuji yang natural atau Sony yang nge pop.


Nah di Fuji sendiri tidak semua kameranya memiliki Color Tone ala Fuji itu, hanya kamera dengan X-Trans CMOS yang demikian, sedangkan beberapa kamera lain menggunakan bayer filter, sama dengan mirrorless / DSLR lainnya.
Mana yang lebih bagus? sebetulnya tergantung selera lagi, karena untuk sebagian orang lebih suka hasil berwarna cerah dan ngejreng, sedangkan sisanya suka dengan yang tone yang soft, under saturated dan berkesan minimalis.


X-Trans Sensor

Bayer vs Fuji X-Trans sensor filter  (taken from www.grp.ph)


Berikut penjelasan lengkap tentang X-Trans Sensor : Fuji Film X-Trans Sensor Technology

Selain beda susunan filter warna di atas, beda berikutnya adalah X-Trans Sensor tidak menggunakan Anti Alias Filter.
Dengan tidak adanya AA Filter ini, hasil foto yang dihasilkan akan lebih tajam dibandingkan sensor CMOS konvensional yang menggunakan AA Filter.
Penjelasan lengkap tentang Anti Alias Filter bisa dibaca di link ini : Anti Alias Filter?



Tipe Fuji yang menggunakan Bayer-pattern sensor adalah : 
Fuji X-A1 dan X-A2



Fuji X-A2
Sisanya menggunakan X-Trans sensor, seperti Fuji XT10, X-E1, X-E2, X-M1 dan sebagainya.



Fuji X-E2 (source)

X-Trans VS Bayer CMOS

Hasil Fuji X-A1 & X-A2 warnanya akan mirip dengan hasil body sony, kombinasi sensor tersebut dengan lensa fuji menghasilkan karakteristik akhir yang sedikit berbeda dengan lensa Sony / Zeiss.
Lebih suka mana? tergantung selera (dan mungkin umur) anda :D

Berikut bisa ditengok contoh hasil fotonya

Pertama Fuji X-A1 yang mewakili Fuji camera dengan Bayer Sensor (sama dengan Sony dkk) : 
https://www.flickr.com/groups/fujifilm_x-a1/


Saya tambahkan hasil Sony A7 yang saya miliki untuk mewakili Bayer Sensor di kamera Sony (Lensa 28mm F2)



Sony A7 - Full Frame Bayer CMOS


Yang Kedua Fuji X-M1 yang mewakili Fuji camera yang menggunakan X-Trans sensor (eksklusif Fuji) : https://www.flickr.com/groups/fujifilm_x-m1/


Fuji X-M1

Berikut hasil shot Fuji X-T1 (Juga menggunakan X-Trans sensor, courtesy dari Mr Ayoung (Lensa 16-50mm F2.8)

Fuji XT1 - APSC X-Trans CMOS
Kedua kamera Fuji yang saya beri link Flickr galerinya ini berkisar di harga yang cukup berbeda, XM1 di kisaran 6 juta sedangkan XA2 di 7 juta.

Saya sendiri lebih condong merekomendasikan XM1 karena X-Trans CMOSnya
XA2 sebagai penerus XA1 ada sedikit keunggulan fitur, tapi tetap menggunakan sensor dengan Bayer filter konvensional.


Di kubu Sony pesaing di kisaran harga sama adalah Sony A5100 dan A6000, keduanya menggunakan Bayer Filter.



Berikut perbandingan spesifikasinya : 
Semuanya relatif mirip, dan sama-sama memiliki fitur penting untuk Instagramers, yaitu bisa koneksi ke Handphone via Wifi :D


Sebetulnya hasil tone di atas tidak harus terpaku apa adanya, bisa saja diedit maksimal di PC/ Laptop supaya lebih sesuai selera. Tapi memang agak ribet dan kadang perlu merekam gambar dengan file RAW untuk mendapat hasil maksimal. Jaman sekarang yang serba cepat kadang tidak semua penghobi foto mau / sempat utak atik hasil foto di komputer.




LENSA?

Nah untuk penutup, apapun body dan sensor yang ingin dipilih, perlu diingat, teknologi sensor sudah sedemikian maju hingga sekarang pembeda utama malah bukan di sensor / body semata tapi juga di kualitas lensa. Bisa dibaca tentang pembahasannya di sini :

Berikut ada perbandingan yang cukup menarik, antara dua lensa terbaik di body Fuji dan Sony, Fuji 56mm F1.2 dan Sony FE 55mm F1.8.
Keduanya diperbandingkan di body APS-C, dengan Fuji XE2 dan Sony A6000. Kedua lensa ini harganya berkisar Rp 10.000.000,-


Taken from www.soundimageplus.blogspot.com


Another good news, harga lensa biasanya jauh lebih stabil daripada body, jadi kalau ingin investasi, lebih baik ke lensa bagus daripada body kamera yang langsung mahal.



My Personal Choice

Saya sendiri hijrah dari Canon 6D ke Sony A7, dikarenakan sudah memiliki lensa-lensa Full Frame Canon, yang akhirnya bisa dipakai dengan mudah via adapter di Sony A7.
Pertimbangan lainnya adalah harga lensa berkualitas bagus di Fuji, tidak jauh berbeda dengan Sony Full Frame (seri FE Mount), jadi saya merasa lebih worth it di Sony, karena tidak ada resiko harus upgrade lensa lagi seperti di Fuji, andaikata suatu saat mereka memutuskan untuk memproduksi body Fuji dengan sensor Full Frame (35mm)

Hati-hati juga kalau membeli lensa Sony untuk A7 pastikan yang full frame-E Mount atau FE Mount untuk mirrorless full frame seperti Sony A7, A7s, A7II dsb, bukan A Mount yang untuk DSLR seperti Sony A99.

Sony APSC Lens (16-50mm) on A7
Ini contoh hasil lensa APSc Sony, yang memang mount nya sama dengan Full Frame Sony A7. 
Walau bisa dipasangkan dan dipakai capture foto, tapi area cakupannya jauh berbeda. Jadi untuk yang menggunakan Fuji/ Sony APSc jika suatu saat ingin ganti full frame lebih baik menjual lensanya dibandingkan memaksakan memakainya di body Full Frame.


Jika masih ingin membaca tentang perbandingan dan ulasan gadget / kamera / lensa lain, silakan kunjungi label camera & gadgets : 
http://www.foodgrapher.com/search/label/Camera%20and%20gadgets


Perbandingan lebih lanjut tentang hasil foto Sony vs Fuji :
http://www.foodgrapher.com/2016/03/fuji-vs-sony-real-world-comparison.html?m=1


Fuji vs Sony Part II


Fuji XM 1 saat ini sudah jarang ada yang baru, untuk informasi harga sekonnya bisa kunjungi link ebay:

107 comments:

  1. hi ko, mau tanya untuk foto2 travelling dan kuliner lebih recommend fuji xm1 atau xa2?
    atau mungkin merk lain, budget dibawah 10
    dan lebih bagus harga belinya di jpn atau sby? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Felice,

      Pertama cenderung ke selera lebih suka hasil dengan tone warna yg bagaimana, coba dilihat di foto latte di atas.

      Kedua dipelajari fitur dan harganya. Xa2 seharusnya sedikit lebih murah dari Fuji xm1 di situs dpreview, tp harga di indo lebih mahal xa2

      Salah satu keunggulan xm1 di trans cmos nya yang bisa menghasilkan warna khas fuji. Sedangkan XA2 ada swivel lcd yg bisa berputar 180 derajat untuk selfie
      Fitur lainnya mirip2. Xa2 ISO Maximumnya lebih tinggi, tp belum tentu lebih bersih noise untuk foto di cahaya redup

      Delete
  2. Menurut saya

    Kalau mau foto landscape , interior pilihlah fuji

    Kalau mau foto fashion, Model, pilihlah sony

    Krn menurut saya hasil tone fuji ke kulit manusia ga asik warnanya masih bagusan sony, apalagi tanpa AA kdng moire msh ada walau tipis waktu jepret model fashion

    Kalau fuji ke landscape, interior memang sangat bagus, tajam dan tonenya asik

    Untuk Fuji kelemahannya di RAW, belum ada yg bs support langsung hasil raw fuji krn wkt di import ke pc hasil jpeg dan raw bagusan jpegny,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget dengan semua pendapatnya

      Tapi selera temen2 (trutama cewe) yang usia 20 an sekarang malah suka hasil skintone fuji yang soft dan saturasinya rendah ^^

      Delete
    2. Setuju banget dengan semua pendapatnya

      Tapi selera temen2 (trutama cewe) yang usia 20 an sekarang malah suka hasil skintone fuji yang soft dan saturasinya rendah ^^

      Delete
  3. Review nya betmanfaat bgt. Thx ya.
    Emang nih Sony dan Fuji punya khas yg susah utk dipilih. #masihgalau #a6000 atau #xt10

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Deca

      XT1 fun banget dipakai, A6000 juga keren feature-featurenya
      Sayang belum pernah coba sendiri A6000, jadi belum bisa kasih masukan pengguna langsung
      XT1 on the other hand pernah bbrp kali minjem, an it's a really fun camera to use ^^

      Delete
  4. Boleh minta sarannya ko..
    Untuk kamera yang bagus untuk potret orang dengan bisa blur dibackground dengan menggunakan kamera mirrorless apa ya ?? Terima kasih :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. background blur alias Shallow Depth Of Field, biasanya menggunakan lensa dengan aparture (F) besar
      besar di sini artinya angkanya kebalikan alias kecil, contohnya lensa 50mm F1.8

      Beberapa pilihan lensanya :

      Sony 35 mm f/1.8
      Olympus 45mm f1.8
      Sony 50mm f1.8
      Sigma 30mm f2.8
      Fuji XF 35-mm F1.4 R

      yang paling mahal Fuji XF35mm di kisaran $500

      Sigma $200

      Sisanya $300-400

      Kalau mau lebih murah bisa pertimbangkan DSLR, lensa 50mm F1.8 nya bisa dibeli dengan harga sekitar 1-1.5 jt

      Delete
  5. Ko kalo lensa yang bagus untuk view lebar dan luas untuk seperti pemandangan. Lensa apa ya?

    ReplyDelete
  6. Hallo, ko aku mau nanya aku suka kuliner suka foto foto makanan gitu. Tapi aku binggung beli sony a5000/a5100 atau fujifilm xa2. Kalau sonh katanga 5000 sama 5100 ga beda jauh cuman iso aja ya sama mp tapi ga gitu ketara. Jadi lebih worth it sony a5000. Tapi aku juga masih binggung. Boleh minta pencerahannya? hehehe

    ReplyDelete
  7. Halo
    ketiga kamera itu teknologi sensornya mirip, tinggal suka dengan fitur yang mana. Salah satu yang saya lihat, XA2 ada swivel lcd, sony tidak ada

    kalau antara A5000 dan 5100 perbandingannya bisa dilihat di sini
    http://www.imaging-resource.com/cameras/sony/a5000/vs/sony/a5100/

    bbrp keunggulan A5100 adanya touch screen serta ISO & MP lebih tinggi


    ReplyDelete
  8. sony ada kok yang a5000 sama a5100 cuman saya binggung ketajaman dan fokusnya untuk foto makanan, orang itu bagus sony atau fuji ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah baca tentang Xtrans sensor?

      Kalau memang ketajaman penting, lebih baik pilih fuji dengan teknologi xtrans sensor, seperti xm1.
      Ditambah dengan lensa yg mumpuni, lensa fix biasanya lebih tajam dibanding lensa zoom

      Untuk perbandingan lensa, cara saya menilai dengan membandingkan hasil2 foto lensa tsb, biasanya di situs flickr dan instagram

      Delete
  9. Hi Ko mau tanya, sblmnya thanks utk reviewna. Saya ada sony a5100, dan krn pakai lensa canon 50mm. Skrg jd galau pengen beli XT10 atau invest di lensa aja ya? Saya utk foto makanan. Kalo invest dilensa, ada saran lensa yg bagus dan cocok utk foto makanan? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau antara merk sony vs fuji seperti di atas, sangat tergantung selera masing2

      Masalah body vs lensa, saya selalu lebih suka inves lensa yang harganya lebih stabil

      lensa populer sekarang 35mm dan 50mm untuk foto makanan sekaligus suasana tempat makan, cari yang reviewnya ok dan fitur minimum focus distance lebih dekat dari 30cm.
      untuk pekerja foto profesional bisa pertimbangkan sony 90mm macro tapi harganya cukup tinggi

      Delete
  10. Koh kalo disruh pilih fujifilm xa2 atau sony a5100 pilih mana? Alasannya koh skalian ya hehehhe. Lagi galau banget nih antara 2 itu

    ReplyDelete
  11. Xa2 dan a5100 jeroannya mirip, sama2 pakai bayer cmos Sony
    Tinggal lebih senang hasilnya lensa fuji atau sony


    Xa2 unggul di hotshoe. A5100 di touch screen dan megapixelnya lebih gede

    ReplyDelete
  12. Sebenernya megapixel ngaruhny kmn sih ko? Sony 24mp tp kok hasilnya sama aja jelasnya ma xa2 ya?Kalo untk video mending mn xa2 sm a5100 koh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk megapixel bisa dibaca di sini : http://www.digicamhelp.com/camera-features/camera-parts/megapixels/


      saya sudah jarang dalami video
      Beberapa fitur yang perlu dipehatikan adalah format rekamannya apa (codec), resolusi video -> dua2 sama 1920 x 1080, continuous focus (lensa) selama video apa cukup cepat dan tidak berisik


      secara histori, sony perusahaannya lebih banyak pengalaman di video, fuji lebih ke arah fotografi

      Delete
    2. hampir kelupaan fitur terpenting untuk video : image stabilization, bisa di body / lensa

      Delete
    3. Oke deh ko. Makasih banyak atas nasihat2nya untuk menentukan hati ke xa2 apa a5100 ;)).

      Delete
    4. Halo ko, aku sekedar sukaa foto waktu travelling/makanan/ootd/kadang selfie(hehe) nah aku biasanya pake xa2 sm temen2ku. Tp Skrg aku pengen beli sendiri cumann bingung milih xm1/a5000... budget masih cukup buat xm1/a5000 sih ko hehe. Ada pencerahan mungkin? Thank you

      Delete
    5. Halo

      Karena beda filter sensor, warna yg dihasilkan dua kamera itu bakal beda, jadi tergantung seleranya suka yang mana. Kalau saya condong ke xm1

      Delete
  13. Mau tanya Om, untuk wedding motret keluarga dipelaminan pake mirroless tetep pake lighting kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo ko salam kenal.
      Mau tanya, kl suruh pilih mending beli fuji xt10 + kit lens ato mending beli xm-1 kit lens terus sisa uangnya buat beli lensa tambahan kaya xf35 1.4 ya?

      penggunaan untuk pemakaian sehari-hari saja dan travelling ko.

      Delete
    2. Halo Andre
      Yang saya pernah coba adalah XT1 dan XM1. XT1 ada kemiripan dengan XT10
      Yang saya rasakan sebagai perbedaan utama di XM1 vs XT1 adalah kecepatan focus, adanya EVF (jendela bidik), ergonomis lebih nyaman dan LCD yang lebih bagus


      Kalau perbedaan spesifikasinya bisa dilihat di sini : http://www.imaging-resource.com/cameras/fujifilm/x-m1/vs/fujifilm/x-t10

      Saya selalu cari body kamera dengan harga termurah dengan sensor terbaik, karena tidak keberatan manual focus dkk, sederhananya, mau repot demi foto bagus.
      Masalahnya, kalau tidak terlalu hobi fotografi, pakai body kamera ala kadar seperti XM1 kalah fun dibanding yang top of the line fuji seperti XT1 dan XT10, di samping bakal banyak yang salah focus dsb.

      Dari sisi ekonomis, lensa harganya stabil dan kalau dijual lagi tidak turun banyak, sedangkan body penurunannya lebih cepat, apalagi kalau sudah digantikan tipe baru.

      Btw Fuji 35mm F1.4 setahu saya sudah stop produksi, digantikan 35mm F2

      Delete
    3. iyaa, saya berpikir jg mending beli xm1 kit lens + beli lensa tambahan.
      Nah faktor EVP itu selain berpengaruh pas lagi shooting di outdoor yg terik, EVP signifikan ga sih ko selain hal tsb?
      Dan kl dicompare hasil fotonya, apakah sama tajam? soalnya sama" sensor x-trans kan..
      Thanks in advance ya.

      Delete
    4. Kalau hasil fotonya dalam kondisi ideal, seharusnya antara XM1 dan XT10 tidak jauh berbeda. Bisa dilihat di situs ini : http://www.dpreview.com/reviews/fujifilm-x-t10/10, ada opsi perbandingan dengan XM1
      Kalau melihat dari image quality semata, terasa tidak sepadan dengan beda harganya, tapi yang dibeli memang bukan beda IQ tapi beda fitur.

      EVF selain untuk kondisi terik juga lebih nyaman untuk atur komposisi, at least untuk saya pribadi.

      Delete
  14. Halo ko salam kenal?
    saya ingin mengupgrade kamera canon 70D saya, tetapi saya sedang kebingungan untuk beranjak ke fujifilm xt1 atau canon 6D, memang jika di bandingkan kamera ini memiliki perbedaan pada sensor full frame dan APS-Cnya, serta kecepatan Focusingnya tapi tidak dapat di pungkiri hasil foto fujifilm xt1 jga sangat mengesankan dengan tonal khasnya di samping itu bobotnya jga amat ringan,
    Saya ingin meminta saran , kamera mankah yang sebaiknya saya pilih dgn kualitas foto yang lebih baik dan unggul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah budget sih, rasanya tidak jauh2 beda antara Canon 6D vs Fuji Xt1, baik body maupun lensanya.

      nah parameter-parameter perbandingannya sudah tahu semua, tinggal selera pribadi yang perlu bicara. Keunggulan utama fuji di tonalnya, 6D di full frame sensor.
      Yang perlu saya tambahkan mungkin perlu pertimbangkan di sistem flashnya, kalau ingin banyak bermain speedlight, sistem canon lebih unggul.

      Delete
  15. Ko saya mau beli kamera fuji. Prefer ke xm1 atau xa2 yah? Saya bingung soalnya baca review di blog beda beda. Kamera manakah yg lebih bagus kualitas fotonya ko? Thanks ko sarannya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentang kedua kamera itu sudah saya bahas di atas :
      "Kedua kamera Fuji yang saya beri link Flickr galerinya ini berkisar di harga yang cukup berbeda, XM1 di kisaran 6 juta sedangkan XA2 di 7 juta.

      Saya sendiri lebih condong merekomendasikan XM1 karena X-Trans CMOSnya
      XA2 sebagai penerus XA1 ada sedikit keunggulan fitur, tapi tetap menggunakan sensor dengan Bayer filter konvensional."

      hasil fuji XM1 bisa dilihat di sini : https://www.flickr.com/groups/fujifilm_x-m1/

      Fuji XA2 : https://www.flickr.com/groups/xa2_only/

      pilihlah sesuai selera dan kebutuhan, yang masing-masing orang bisa berbeda

      Delete
  16. Kalo koko pribadi pilih xt1 atau eos 6D?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pribadi berusaha cari body termurah dengan hasil terbaik. Sedangkan lensa buat saya tidak masalah harga mahal

      Xt1 menggunakan sensor yang sama dengan xt10 dan xm1 jadi kalau saya pribadi akan memilih dua lainnya kalau ingin fuji

      6d adalah full frame dslr canon termurah, jadi kalau saya ingin ke canon bakal pakai kamera itu

      Suka mana fuji vs canon buat saya? Sama saja karena ada positif negatifnya masing2

      Delete
  17. halo koko,salam kenal

    saya saat ini punya DSLR nikon d5100, ingin mencoba beralih ke mirrorless,
    pilihan saya jatoh ke sony a6000

    kamera ini rencananya akan saya gunakan untuk foto makanan dan traveling,
    apakah lensa kit bawaannya sudah cukup?atau saya harus tambah lensa lagi?

    1 lagi, untuk harga lensa buat saya jadi bahan pertimbangan, apakah lensa untuk sony ini mahal?jika iya, apa saya beralih ke kamera merk lain yg harga lensanya masih bisa dipertimbangkan?

    thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal

      kalau pilihannya ke A6000, ada baiknya menunggu saat a6100 sudah release, karena harga a6000 biasanya akan ada penyesuaian

      lensa kit kalau untuk hobby cukup ok
      lensa sony yang non full frame, seperti 50mm F1.8 harganya tidak terlalu mahal kalau dibanding mirrorless lain, tapi lebih tinggi dibanding lensa dslr
      yang saya hafal produk canon dan sony, sebagai contohnya canon dslr lensa 50mm f1.8 nya sekitar 1.5 jt, sedangkan sony 50mm f1.8 harganya 3.5jt, tapi kualitasnya berbeda, hasil yang sony seharusnya lebih bagus
      untuk ilustrasi :
      http://www.dxomark.com/Lenses/Compare/Side-by-side/Sony-E-50mm-F18-OSS-versus-EF50mm-f-1-8-II-on-Canon-EOS-70D-versus-Nikon-AF-S-Nikkor-50mm-F18G-on-Nikon-D7000__745_0_187_895_435_680

      ditest pada body berbeda merk tapi resolusinya sama2 24mp, hasil score sony vs canon vs nikon adalah 25 - 21 - 22, dengan sony yang tertinggi (sekaligus termahal)

      Delete
    2. kalau dibandingkan dengan mirrorless, Gandhi perlu cek dulu yang selain fuji dan sony, karena saya hanya pernah ikuti dua brand ini sementara waktu. sepintas saya tengok, lensa dari panasonic dan olympus juga tinggi2 harga lensanya

      harga lensa fuji relatif lebih mahal dibanding sony yang tidak full frame (e mount), setara dengan lensa-lensa sony yang full frame (FE mount)

      Delete
  18. salam kenal ko,..

    akhirnya menunggu lumayan ko untuk sony a6100 uda release nah sekarang kamera udah fix,
    nah masalah lensa kan nanti dapet lensa bawaan kit 16-50 mm f3.5-5.6
    Katanya sih kalau a6000 pengen Bagus harus ganti, ya favorite sih lensa di 18-105mm VR atau yang lensa serba bisa 16-70mm f/4 Zeiss
    atau ada saran ko yang lebih keren dana lensa 10an lah,.. nambah celengan ayam kl yang lain FE mungkin haha
    atau FE 70-200mm f/4 G OSS Thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah mendalami lensa-lensa untuk A6100, jadi tidak bisa beri pendapat mana yang terbaik. Tapi range lensa yang ditanyakan mirip dengan lensa kit, lebih baik tidak usah ambil lensa kit kalau mau dua lensa tersebut.

      kalau ingin ambil lensa kit, lebih baik pilih lensa yang lain. Lensa ini tergantung kebutuhan dan sukanya di focal length berapa. kalau 70-200 F4 kan lensa tele, apa bakal sering terpakai untuk style fotonya. Lensa itu biasanya lebih cocok untuk jurnalis, foto panggung / model dan wedding, termasuk candid.

      Delete
  19. sebelumnya thank ko sharingnya, kayaknya buat traveling & foto product saran pke yang bawaan aja ya atau gimana ko, uangnya buat beli Tele hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya mungkin pakai kit lens lalu nambah lensa fixed 35mm

      70-200 f4 bagus sih, tapi harganya jauh di atas 10jt
      pernah coba pakai 1 hari, AF nya cepat, ringan untuk ukurannya dan hasil tajam.

      Delete
  20. oh gitu ya ko boleh tau harga fixed 35mm sekarang berapa ya yang apc bukan FE hehe, Kit lens yang mana yang recomended ko ya mungkin koko udah pernah pake di antara itu dan itu Thank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya sekitar $400
      kalau ada keinginan untuk upgrade ke full frame suatu saat, bisa juga pertimbangkan lensa 28mm f2 yang harganya tidak beda jauh, dan tajam.

      kit lens saya tidak pernah pakai jadi tidak bisa beri pendapat. Untuk mencar review lensa bisa coba ikuti petunjuk di blog post yang ada di atas

      Delete
  21. halo ko,..

    mau tanya kl lensa Buat kayak buat traveling foto product dan makannan kayak koko butuh lensa apa aja ya, maaf masih baru pengguna Mirrorless sony a6000 dan saya kurang puas sama lensa bawaan hasilnya biasa aja dan bagusnya lebih buat video ,. saya baca koko lebih suka fixed 35mm atau lensa 28mm f2 mohon pencerahannya ya ko,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, kalau bisa sekalian kasih link ke gallery 500px dsb atau instagramnya Eta, jadi saya bisa tahu gaya fotonya seperti apa

      28mm f2 itu saya anjurkan karena bisa dipakai juga di full frame seperti A7. Hasilnya tajam dan jarak focus minimumnya cukup dekat. Cocok untuk yang suka foto flat lay ala instagramers yang butuh lensa agak wide, tapi kalau untuk foto ala menu / detail makanan, bakal ada sedikit distorsi di A6000.

      Delete
  22. Koh, minta saran dan ilmunya.
    Bagaimana mengatasi auto fokus yg "agak" lambat pada objek bergerak di Fuji XA2
    apa perlu mengganti lensa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecepatan AF dipengaruhi body dan lensa, selain itu flash external bisa juga membantu dengan focus assist lightnya
      pakai bukaan lensa kecil (f8-32) menambah luas area focus, mempermudah kerja AF nya

      Delete
  23. Hallo koh salam kenal saya mau tanya dongg..
    Lebih recommended mana mirrorless nya xt10, xm1 dan sony a5100 ?
    Saya mau pakai untuk foto hasil2 makeup.. Mohon arahan nya , makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal ms unknown :D

      XT10 itu paling mahal, tentunya kalau dana ada lebih ya XT10 paling menarik
      Beda utamanya dengan XM1 di kecepatannya, ditambah beberapa fitur pro yang memang tidak disematkan di XM1 yang kelas entry level. Walau demikian, hasil fotonya tidak akan jauh berbeda selama kondisinya ideal, artinya obyek fotonya relatif mudah difoto, tidak bergerak cepat

      berhubung untuk foto hasil make up, XM1 saya rasa juga sudah mumpuni, lebih baik beli XM1 dan sisa dananya dipakai untuk cari lensa yang terbaik.

      A5100 dari Sony, bisa dibaca di atas, perlu tentukan dulu seleranya lebih ke Sony / Fuji?
      Dari segi fitur a5100 lebih unggul sedikit dibanding XM1, karena relatif lebih baru, tapi mengenai sensornya saya lebih suka XM1.
      Fuji biasanya lebih cocok untuk yang ingin praktis, Shot JPEG dan tidak lagi banyak edit foto di komputer, sedangkan Sony lebih maksimal kalau mau banyak utak atik di komputer, shot dengan RAW file.

      Bisa dilihat juga di link di bawah untuk perbandingan foto fuji vs sony, sayangnya hanya ada foto makanan kondisi low light dan ruangan / outdoor. Untuk portrait (make up) masih belum, moga-moga ke depan bisa saya buatkan komparisi foto portrait antara kedua sistem kamera ini.

      http://www.foodgrapher.com/2016/03/fuji-vs-sony-real-world-comparison.html

      Delete
  24. nice info bro..
    kalau pilihan sudah jatuh ke fuji, fuji mana yang paling cocok?
    gw baru mau belajar fotografi,minat sih ke street sama people (bukan model)
    viewfinder setelah gw pikir penting juga ya..
    thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Michael

      Kalau viewfinder penting, dan sukanya foto street, pilihannya lebih cocok ke XT1 atau XT10
      Yang saya coba sendiri AF-nya XT1, termasuk cepat, terutama untuk ukuran mirrorless.

      Walau demikian, salah satu kamera legendaris untuk street photography adalah Leica rangefinder, dan kamera ini hanya bisa manual focus
      Street photography termasuk jarang saya lakukan, tapi beberapa kali mencoba dengan lensa manual, rasanya tidak susah melakukan zone focusing dengan aparture F4 ke atas
      contoh hasil dengan Sigma 35mm (via adapter)
      https://goo.gl/photos/R1Cbzpp24oicSf2M6
      ISO 2500, 1/60s, F5.6

      Delete
  25. Halo ko, salam kenal.

    Kl menurut ko, beda Fuji xt10 sama xe2s apa ya?
    soalnya kan mirip", harganya juga..
    n menurut ko mending pilih mana?
    sementara ini sih saya lebih prefer xt10 karena layarnya bisa diputer".
    Thanks before.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah baru2 saja baca tentang tipe XE2, dan XE2s, jadi belum terlalu bisa beri pendapat, tapi sekilas memang mirip semua. Kalau benar tidak ada perbedaan specs yang signifikan, tinggal pertimbangan swivel LCD itu dan style body rangefinder (XE2s) vs dslr (XT10)

      Swivel LCD kalau untuk sy lumayan penting sih, Sony A7 yang saya pakai hanya tilt saja, agak menyulitkan untuk overhead angle, flat lay

      Delete
  26. Hallo ko
    salam kenal

    mengikuti saran ko ttg body murah tapi lensa mahal
    body murah sony apa ya ko (mirorles)
    juga lensa apa yg pas buat foto wide tp juga bisa bokeh jg lumayan bisa zoom ?
    maaf bahasa nya masih pemula ini ko hrp maklum :D

    terimakasih sdh berkenan membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo
      Sony A5100 dan A5000 yang termasuk terjangkau dibanding seri lain

      "juga lensa apa yg pas buat foto wide tp juga bisa bokeh jg lumayan bisa zoom ?"
      Sony E 16-70mm F4 ZA OSS

      Delete
  27. Salam kenal ko
    Saya masih awam masalah mirrorles saya berniat mau membeli mirrorles untuk kebutuhan traveling dan acara keluarga sekalian hobi juga minta saran untuk mirrorles dengan budget 6jt kebawah kira2 bagus apa ko? Mohon saran dan jawabannya terima kasih
    Sangat di tunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua kamera bisa untuk keperluan itu, tinggal cari yang hasilnya cocok dengan selera. selain Fuji dan Sony di atas, ada Canon EOS M3, Panasonic G7, Olympus EPL7

      kalau ingin lebih kecil dan tidak butuh sensor besar ada juga Nikon J1

      Delete
  28. Ko Albert, makasih untuk artikelnya, ckup jelas. Namun butuh saran untuk pemula yg br mau belajar photography utk travelling mengambil foto kuil, pemandangan malam hari dan makanan.

    Saya ingin mendapatkan hasil foto yg baik terutama utk kondisi low light dan mengambil ft makanan.

    Lebih disarankan untuk ke Fuji / sony / canon? Saya ada cek Fuji X A2, sony A6000 dan canon M3.

    Rekomen yg lainnya jg blh boleh ko.. makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya ketiga kamera tersebut kemampuannya sama, tinggal lebih suka tonal warna yang mana JPEG nya.
      Yang perlu diperhatikan adalah pilihan lensanya, karena untuk low light butuh aparture agak besar, di bawa f/2.8 (contohnya f/1.4 , f/1.8)
      sedang untuk makanan, cari yang minimum focus distancenya < 30cm

      Delete
    2. Lusa mau belu cameranya ko krn ada expo, Fuji lg gempor2an disk nya. Antara X-A2 atau X-T10, makasih utk info nya, tar cb cek2 lg deh.. pgn X-T10 tp ga bisa selfie >_<

      Delete
  29. Kalo pilihannya xt10 sama sony a6000 mending mana ko? Terumakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fiturnya mirip, jadi tergantung selera pribadi dan kebutuhan
      kalau saya lebih milih a6000 karena harganya lebih terjangkau, sisa dana untuk beli lensa yang mumpuni

      Delete
  30. Halo minta sarannya
    Untuk eosm3 dan fuji x-a2 mending mana ya?

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. eos m3 saya belum pernah coba jadi tidak bisa beri banyak komentar banyak
      kalau secara spesifikasi memang eosm3 lebih baru dan banyak fitur, tapi kalah populer dibanding XA2

      yang paling penting coba ikuti selera pribadi, dengan cara melihat hasil-hasil foto dari kedua kamera dan lensa yang digunakan, seperti contoh di blog post. keduanya kamera mumpuni, jadi manapun pilihannya tidak terlalu masalah

      Delete
  31. halo ko boleh minta sarannya,

    saya pny fuji xm-1, bisa ga saya pasangkan lensa2 canon atau nikon sehingga saya bisa menimbulkan efek depth of field untuk jarak 3m lebih ? ngirit gitu ko hehee.. klo bisa yg cocok biasanya lensa merk apa dan ukuran berapa ya ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau cari lensa 3rd party, dan tidka keberatan menggunakan adapter, lebih baik mencari lensa manual dibandingkan lensa Canon / Nikon terbaru

      Canon dan nikon sendiri juga mengeluarkan lensa manual, biasanya Canon FD dan Nikon AI/ AIS / Pre ai

      Kenapa kok lensa manual? karena pertama, adapternya jauh lebih murah
      lensa baru atur bukaan lensanya di body kamera, sedangkan lensa manual di lensanya sendiri. jadi adapternya tidak perlu yang lebih dari 500rb untuk bisa atur aperture


      Contoh hasil foto dengan lensa manual :
      http://www.foodgrapher.com/2016/05/pasar-jagir-wonokromo.html

      Delete
  32. Kak maaf kalo untuk buat vlog lebih jernih fujifilm xa2 atau fijifilm xm1 atau punya rekomendasi yg lain yg dibawah 8jt kak? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. merk lain saja kalau konsennya ke video

      http://www.dpreview.com/forums/thread/3694796

      Delete
    2. Kak maaf mau tanya lagi. Klo utk video mending pilih sony a6000 atau panasonic gx7? Mohon sebut alasannya ya ka. Makasih

      Delete
    3. Gx7

      Better video quality & codec

      Delete
  33. ko maaf nih nanya lagi, kalau diantara canon powershot g7x, sony a5100 dan fuji X-m1, lebih better mana ko buat foto makanan, selfie & pemandangan gitu? nyari nya sih yang warnanya + hasil tajam juga sih. terus lensa kayak apa yang cocok buat foto makanan ko? makasihhh sebelumnya, btw pencerahan ko2 tentang fuji, makin galau saya antara sony canon atau fuji ehehe tapi bermanfaat banget. maaf ko banyak nanya, bener2 awam hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. G7x prosumer jadi beda kelas dan tidak bisa dibandingkan drngan mirrorless. A5100 vs XM1 sudah banyak ditanyakan, bisa baca2 jawaban sebelumnya di atas

      Lensa landscape dan food photo bisa di kisaran 23mm (apsc) atau setara 35mm (full frame)

      Delete
  34. om ikut tanya juga ya,
    dana mentok 8 juta pilih kamera mirrorles yang ada hotshoenya soalnya buat masang triger pilihan yang baik yang mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pernah coba sendiri a7 dan fuji xt1 bisa dipasangkan flash yongnuo for canon dan 580 ex. Hanya salah satu, antara yongnuo 560 ex dan 565 yang bs dipasangkan. Satunya hotshoe tll besar, flash tidak ter trigger

      Delete
    2. dana terlalu over om klu a7 seken masih 10 juta om dana paling klu sony a6000 kit atau fujifilm xa2 kit

      Delete
    3. Iya yg saya share pengalaman sendiri. Cb dicek saja apa varian di bawahnya sama sistem hotshoe nya. Selain dua kamera di atas, tadi siang coba 580ex canon di sony a5100 bisa dipakai secara manual + trigger flash yongnuo

      Delete
  35. Halo ko mau tanya hehe, saya pengen beli mirrorless tapi dana mentok untuk sony a5000+lensa bawaannya. Apakah cukup mumpuni untuk foto makanan, vlog, dan landscape? Atau harus ganti lensa? Huhu mohon pencerahannya ko makasihhh

    ReplyDelete
  36. Halo ko mau tanya dong hehe. Saya mau beli mirrorless tapi budget mentok di sony a5000 + lensa bawannya. Apakah sudah cukup mumpuni untuk foto makanan, vlog, dan foto landscape? Atau harus ganti lensa?atau ada pertimbangan merk body lain dengan range harga yang sma? Huhu mohon pencerahannya ko, makasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. lensa kit saja ga masalah, kalau sudah mulai lancar baru pertimbangkan nambah lensa

      Delete
  37. maaf mau tanya koh,
    sony a5100, a6000, fuji xm1,xa2, panasonic g7, olympus em5.
    dari semua itu yang cocok untuk photo close up, photo keluarga, selfie, ngevloog, photo makanan.
    atau bisa dibilang yang serba guna deh haha.
    kalo bisa di urutin dari yang paling recomended ya koh.
    butuh pencerahannya ini koh. soalnya bingung banget.
    masalah picture style yang berlimpah atau bisa ditambah2 yang mana koh?
    maksih koh

    ReplyDelete
  38. maaf mau tanya koh,
    sony a5100, a6000, fuji xm1,xa2, panasonic g7, olympus em5.
    dari semua itu yang cocok untuk photo close up, photo keluarga, selfie, ngevloog, photo makanan.
    atau bisa dibilang yang serba guna deh haha.
    kalo bisa di urutin dari yang paling recomended ya koh.
    butuh pencerahannya ini koh. soalnya bingung banget.
    sama masalah picture style nya koh yang berlimpah atau bisa ditambah2 yang mana?
    maksih koh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipilih yang sesuai selera saja, kalau saya sendiri pilihannya Xm1 / A5100
      Kalau mau picture style (ga mau ketemu PC buat edit2) mending ke Fuji

      Delete
  39. siang ko, mau tanya saya mau beli fujifilm X-A2 atau Sony A5000, tapi dengar pernyataanx ko yang bilang beli body yang semurah mungkin dengan sensor yang bagus tapi lensanya mahal. sy punya bajet untuk beli X-A2 kit, tapi kalau beli Sony A5000 kit + beli lensanya lagi, karena harga Sony murah dibanding A2 jadi sisa uangx bisa beli lensa lagi, menurut koko bagaimana.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang Alim. Sudah benar seperti itu, tapi ada satu hal yang perlu dipertimbangkan
      X-A2 walaupun sensornya sama (bukan Xtrans Fuji tapi Bayer yang = sony) tapi ada sedikit keunggulan di picture profile yang biasanya lebih kekinian

      kalau saya sih lebih milih A5000 Kit + lensa lagi, karena saya biasanya memang edit lagi foto di PC, jarang langsung post hasil dari kamera

      Delete
  40. Selamat Sore bro Albert Chandra

    Tlg dapat diberi pendapat , kira2 bagus yg mana antara 2 type camera Sony A7R dan Sony A7 Mark II
    Dimana untuk Sony A7R , tidak memiliki AA Filter ganbar lebih tajam , tetapi kata sebagian orang ada banyak kekurangan, salah satunya yaitu af yg lemot dan shutter vibration. low light kurang dikarenakan megapixel yg cukup besar. a7r juga awbnya kadang2 suka ngaco

    untuk a7 Mark II , af cukup cepat dan stabilizer di body

    yg menjadi pertanyaan kalau memakai a7 R shuuter bergetar apakah mempengaruhi dlm pengambilan obyek
    gambar
    Sebenarnya sy lebih suka memilih Sony A7 R karena tanpa AAF, cuman problemnya shuuter dan afnya yg lemot ini jadi ragu utk ambil yg Sony A7R
    untuk megapixelnya sih kalau yg A7 II 24 MP sih udah lebih dari cukup, problemnya pakai AAF

    Mohon bantuan sarannya

    Terimakasih


    ReplyDelete
  41. Selamat Malam bro Albert

    Mohon diberikan pendapat untuk Sony A7R , katanya sebagian org mengatakan banyak kekurangan, salah satunya yaitu af yg lemot dan shutter vibration. , low light kurang bagus dan dikarenakan megapixel yg cukup besar. a7r juga awbnya kadang2 suka ngaco

    Apakah pengaruhnya kalau shutter bergetar?

    Sebenarnya sy sudah mau memilih Sony A7R daripada Soany A7 II , karena Sonya A7 R tanpa AAF,
    sedangkan A7 IImemakai AAF ,kelebihannya hanya AF lebih cepat dan ada stablizernya

    Terima kasih atas sarannya

    Salam





    ReplyDelete
    Replies
    1. coba searching saja tentang shutter bergetar, kalau menurut saya tidak mungkin pengaruhnya besar

      AF pasti lemot dibanding A7II
      AWB tidak masalah kalaupun ngaco mudah koreksinya di RAW, karena kalau sudah keluar duit segitu dan tidak shot RAW = buang duit

      Delete
  42. Halo gan, saya bingung memilih antara fujifilm xm1 dan xa2 nih. Kalau buat motret makanan lebih oke yang mana ya? Sebenarnya sih buat kamera sehari-hari juga. Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, sudah diulas di blog post ya


      Saya sendiri lebih condong merekomendasikan XM1 karena X-Trans CMOSnya
      XA2 sebagai penerus XA1 ada sedikit keunggulan fitur, tapi tetap menggunakan sensor dengan Bayer filter konvensional."

      hasil fuji XM1 bisa dilihat di sini : https://www.flickr.com/groups/fujifilm_x-m1/

      Fuji XA2 : https://www.flickr.com/groups/xa2_only/

      Delete
    2. Iya, saya sudah baca, tapi belum bisa menentukan juga. Bener-bener awam di dunia fotografi, :D. Jadi ini bisa dibilang memilih kamera pertama.

      Terima kasih, gan.

      Delete
  43. mas. saya mau beli camera prosumer antara fuji s9400 dengan nikon p840 bagus mana mas...?

    ReplyDelete
  44. mas. saya mau beli camera prosumer antara fuji s9400 dengan nikon p840 bagus mana mas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya belum pernah coba / pelajari specsnya mas, jadi tidak bisa infokan lebih bagus mana :)

      Delete
  45. Halo ko :)

    Saya mohon pencerahannya ko, saya ingin membeli kamera. Tapi masih bingung mau sony a6000 atau fujifilm X-e2 . Apalagi fujifilm x-e2 lagi ada diskon ko. Jadi agak tergoda karena diskon. Menurut koko, kalau untuk traveling yang mana ko?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo

      tergantung selera, dan bisa ditentukan dari cara yang sudah ditulis di blog post di atas.
      Keduanya sudah pas untuk dipilih karena masih mumpuni walaupun sudah ada pengganti yang lebih mutakhir

      Delete
  46. KO MAU TANYA AKU MAU BELI MIRRORLESS, TP BINGUNG MAU BELI FUJI XT10 ATAU SONY A6300.. AKU TANYA2 HARGA SONY A6300 CUMA 9.9JTA PDHL DI PASARAN MASIH 16JTA, BENER GAK YA.. TAKUT DITIPU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga wajar a6300 bekas di 14jt. Kalau sudah tahu harga tidak wajar berarti perlu hati2

      Delete
  47. Halo ka. Mau tanya, lebih rekomen Kamera fujifilm
    Xa2 atau Olympus Elp7 yaah? Terimakasih ka.
    Mohon di jawab, sedang galau hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih rekomen mana tergantung kebutuhan, saya belum pernah coba langsung EPL 7 jadi hanya bisa melihat specs komparisinya, bisa dilihat di link ini :

      http://cameradecision.com/compare/Olympus-PEN-E-PL7-vs-Fujifilm-X-A2

      EPL7 unggul fitur, ada viewfinder dan anti shake dalam body
      sedangkan XA2 unggul di ukuran sensor APSc yang lebih besar dari Micro 4/3 di olympus. Resolusinya sama 16 megapixel

      Delete
  48. halo kak. aku butuh pencerahan nihhh, mau beli kamera mirrorless untuk kegunaan, vlogging make up tutorial dan dance, terus untuk foto produk makanan&minuman juga lbh baik pakai apa ya? sebenernya pas sama xm1 tapi sayangnya ga bisa selfie, -_- pilihannya skrg antara xa2 atau canon m3 dengan pakai lensa kit aja. makasi atau ada rekomendasi lain gaaaa hehehe

    ReplyDelete
  49. halooo ko. butuh pencerahan banget nih pilih kamera mirrorless yang hasilnya tajam dan seperti asli, dengan lensa kit bawaan aja. lebih baik pilih fuji xa2 or canon m3 yaa? kalau dari spek sih unggul m3 tapi banyak orang bilang hasilnya bagus kamera fuji(?) keperluan untuk vlog tutorial makeup dan foto produk makanan, minuman dll karena itu butuh yang hasilnya seperti real hehehe. sebenernya oke banget sama fuji xm1 tapi sayangnya ga bisa selfie jadi susah untuk vlogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masing-masing ada keunggulan sendiri

      kalau untuk video, fuji termasuk tidak terlalu bagus, baik seri XA maupun XM
      untuk foto, bisa langsung dilihat hasil-hasilnya di Flickr atau Instagram, dipilih yang lebih sesuai tastenya

      Lensa lebih banyak Fuji dibandingkan Canon M3 EF-M, tapi kalau mau pakai adapter EF to EF-M, lebih banyak lensa untuk Canon, dan harganya seringkali lebih murah dibandingkan fuji

      Delete

whos.amung.us :