Pasar Atum - Surabaya


Pasar Atom

Pasar Atom ini adalah surga para wanita, awalnya populer di kalangan meme, cece, ayi, tante, oma.
Sekarang semakin populer dan dikunjungi banyak orang, termasuk yang dari luar kota, sudah menjadi salah satu ikon kota Surabaya.
Awalnya, kalau kaum pria diajak ke sini, serasa dihukum seharian, karena produknya kebanyakan baju, fashion, penjahit, pernak pernik cewe. 
Parkirnya juga relatif horor, dengan suasana kuno dan kacau balau, kalau baru belajaran lebih baik pilih diantarkan, kendaraan umum atau parkir di bawah (membayar lebih mahal) karena sudah beberapa kali teman menciumkan mobil ke dinding pembatas dalam usaha naik ke area parkir atas, karena itu seringkali kaum adam digeret ke sini untuk menyetirkan :D
Nah setelah berhasil mendapat parkir di tempat yang relatif horor dan penuh sesak, sisa hari si 'sopir' biasanya melongo sambil membawakan barang belanjaan ^_^. 
Untungnya akhir-akhir ini semakin banyak tempat penjaja makanan dan dvd, jadi ada produk yang bisa disatroni kaum pria, dan untuk yang single, bisa juga cuci mata di sini sambil menemani ibu atau sanak saudara.

Pasar Atom - New Food Court

If you have China Town in your city, in Surabaya there's China Mall :D
It's not that they exclusively sells Chinese products, but back in old days, the vendors and visitors are mostly Chinese-Indonesian or Peranakan Indonesian. 
Nowadays it's popular among all Surabaya people, and quite an icon for the city.
You usually can find boutique clothing store, many snacks and traditional food, and food courts that serves interesting dishes.





Pasar Atom - Snack Vendor


Pasar Atom - Tailor kiosk


Hari itu saya mengunjungi pasar Atom untuk menemani menemui penjahit, tempatnya di lantai atas, banyak sekali penjahit di satu lokasi, calon pelanggan bisa melihat-lihat untuk mencari yang paling sesuai.
Ada kios kecil dan ada pula toko yang menyediakan jasa penjahit untuk pelanggan yang butuh pelayanan lebih.


On this particular day, I visit this market to find a tailor for my friend, there's whole floor area dedicated for it. With plenty of options where you can find a tailor that suits your needs and style. In addition to kiosks, there are also tailor stalls that cater to higher end customer.





Pasar Atom - Food Center

Pasar Atom - Food court lama

Ada dua area food court di mall ini, mall lama yang lebih kecil areanya dan mall baru yang lebih besar. Di foto atas ini adalah foto food court / food center yang lama.

There's two food courts area, one is in the old mall area, which is a bit smaller, it's not as popular as the new one, but still a good alternative, with a more laid back atmosphere, albeit a bit crude. The above photos are the old food center.

Pasar Atom - Kartiko Jajan Pasar & Warung Kopi

Foto di atas ini adalah kedai kopi dan Jajan Pasar, Kartiko. Tempatnya enak, unik dan tematik, beda sekali dengan kebanyakan penjual jajan pasar atau snack tradisional lainnya. Jajan pasar versi mewah sudah banyak, tapi belum ada yang dipaket sebaik Kartiko, dengan perlengkapan makan unik, tatanan desain interior yang cantik dan tematik, menarik untuk tempat foto sebetulnya.
Mengenai kedai satu ini akan saya ulas di post tersendiri beberapa hari ke depan.


Here is Kartiko, a place that seels traditional snack / jajan pasar and also doubles as a coffee shop. Jajan Pasar is usually a simple and cheap snacks sold in the wet markets (the traditional ones that sells vegetables, meat and other daily necessities). But here they pack it in an upscale refined ways, though a tad more expensive, but it's well worth the quality. I'll review about it specially in another post.


Pasar Atom Food Court - Es Shanghai Atom

Pasar Atom - Juragan Krupuk

Pasar Atom - Mang Eci
Mang Eci's Otak-otak & Tahu Gejrot


Pasar Atom - Food Court baru


Kalau tadi sudah dibahas food center lama nya, berikut foto suasana food court baru, terletak di lantai atas. Tempatnya lebih ramai dan suasananya lebih modern. Ada juga gerai KFC di sini, tapi kalau sudah repot-repot ke Atom, mending coba makanan lain deh.
Ada beberapa puluh resto dan di luar area food court nya masih ada beberapa penjaja snack, termasuk krupuk, manisan dsb

This is the new food court, it's situated in the top floor, with a more modern ambiance, a bit cleaner and comfortable than the old one. It's crowded at lunch time and there's so many choices of unique food vendor. There's also a KFC, but I advise you to try other, having had all the trouble going here.


Pasar Atom - Chasio Madu Yen Lie

Untuk makan siangnya, saya mencoba Hari Hari Vegetarian, menu Nasi Hongkong.
Isinya terdiri dari daging vegetarian (dari tepung), cah sayur, terong dll
Rasa makanannya lumayan, tapi untuk sambalnya sedikit aneh dan pahit. Mungkin karena menggunakan pengganti bawang dan bahan lain yang tidak bisa dipakai untuk diet vegetarian tertentu.


For lunch I had the Hari Hari vegetarian food, the Hongkong Rice dish.
It consists of a vegetarian meat (made with flour), stir fried vegetables, eggplant etc.
The taste are ok, but the chilli sauce is a bit bitter, maybe because they use some sort of strange seasonings to replace onion and other spices that are not allowed to be used in some vegetarian diet.



Pasar Atom Food Court - Hari Hari Vegetarian



Hari-Hari, Nasi Hongkong vegetarian



Pasar Atom Food court - Hari Hari vegetarian

Berikut menu di Hari-Hari :
This are the menu : (click to enlarge)

Pasar Atom Food Court - Hari Hari Vegetarian menu

Pasar Atom Food Court - Hari Hari Vegetarian menu


Pasar Atum

Jl. Bunguran No. 45 (Jl. Waspada, Jalan Stasiun Kota), Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

Comments