Gereja Kepanjen Surabaya

Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria


Gereja Kepanjen Surabaya

Gereja Kepanjen, salah satu gereja tertua di Surabaya sekaligus gereja yang secara estetik menarik karena desain klasiknya yang indah.

Kepanjen Church is one of the oldest and grandest church in Surabaya city. It's also aesthetically pleasing, with it's classical design.





Gereja Kepanjen Surabaya

Gereja Kepanjen Surabaya

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria merupakan salah satu gereja tua di kota ,dibangun pada tahun 1815 di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Berlokasi di Jalan Kepanjen, Surabaya, bangunan religius ini berdampingan dengan gedung SMA Katolik Frateran Surabaya.
Sebelum dibangunnya Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria ini, sudah dibangun sebuah Gereja Katolik pertama di Surabaya bergaya Eropa yang terletak dipojok jalan Kepanjen dan Kebonrojo. Pada awalnya dua orang pastor pada tanggal 12 Juli 1810, Hendricus Waanders dan Phillipus Wedding datang dari Belanda dengan kapal ke Surabaya. Pastor Wedding kemudian bertugas ke Batavia sementara Pastor Waanders menetap di Surabaya. (Wikipedia)


The Church were built in 1815, located in Kepanjen street in Surabaya city. This religious building is situated next to the Catholic high school Frateran Surabaya.
Before this church were built, there were already a first Catholic church built with european architecture, located in the corner of Kepanjen and Kebonrojo street.
At first there were two priest which arrived on 12'th July 1810, Hendricus Waanders and Phillipus Wedding from Dutch. Father Wedding went on to Batavia while Father Waanders stayed in Surabaya.




Gereja Kepanjen Surabaya


Pastor Waanders sering mengadakan misa untuk umat Katolik di Surabaya. Yang kemudian dari hari ke hari jumlah umat Katolik semakin bertambah yang kemudian membuat umat Katolik berencana membangun sebuah gereja Katolik. Dan baru pada tahun 1822, umat Katolik dapat merealisasikan membangun sebuah gereja pertama di pojok Roomsche Kerkstraat/Komedie weg (Kepanjen/Kebonrojo). Namun belakangan gereja Katolik pertama ini dipindah ke gedung baru di sebelah utaranya, tepatnya di jalan Kepanjen Kelurahan Krembangan Selatan di wilayah Surabaya Utara. Hal ini dikarenakan gereja yang lama rusak.


Father Waanders often had mass for the Catholic Congregation in Surabaya. Which will increase the number of converts, prompting it necessary to build a Catholic Church. Not until 1822 when the Catholic Congregation finally built a church in the corner of Roomsche Kerkstraat and Komedie weg (now known as Kepanjen and Kebonrejo Street)



Gereja Kepanjen Surabaya

Gereja ini kerapkali dijadikan tempat pernikahan oleh umat dari paroki lain, karena indahnya bangunan dan nilai historisnya.

This church is often used by other congregation for wedding, since it's beautiful and historical.




Gereja Kepanjen Surabaya


Gereja Kepanjen Surabaya

Gereja Kepanjen Surabaya

Jadwal Misa

Misa Harian
Pagi 5.30 | Sore / Malam 18.00

Misa Sabtu Sore
Sore / Malam 18.00

Misa Hari Minggu
Pagi 6.00 | Pagi 8.00 | Pagi 10.00 | Sore / Malam 18.00

Misa Natal
Pagi 6.00 | Pagi 8.00 | Pagi 10.00 | Sore / Malam 18.00

Misa Malam Natal
Sore / Malam 18.00 | Sore / Malam 21.00




Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria (Kepanjen)

Address: No.6, Jl. Kepanjen No.4, Jawa Timur 60175, Indonesia


Comments